oleh

SMA PGRI 1 Subang Selenggarakan SSC 5 (Smakot Scout Competition)

SUBANG, (PERAKNEW).- Smakot yang merupakan Pionir Pramuka Kabupaten Subang, pada hari Sabtu Tanggal 26 Januari 2019 kembali menyelenggarakan Lomba Pramuka atau Scout Competititon yang ke-5 Tingkat Kabupaten, Perlombaan Pramuka Penggalang Tingkat Kabupaten ini diikuti oleh beberapa kabupaten diantaranya Kabupaten Subang , Kabupaten Karawang , Kabupaten Sumedang, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Indramayu , peserta berjumlah 576 orang dari 17 Sekolah atau dari 30 Gugus ini diselenggarakan satu hari di sekitar lokasi SMA PGRI 1 (Smakot). Perlombaan dinilai oleh Dewan Juri dari Kwarda dan Kwaran.

Kemeriahan acara perlombaan pramuka ini disambut dengan menampilkan Drumband Smakot sebagai pembuka dan diteruskan dengan berbagai Pentas Pagelaran Seni Sunda diantaranya ada Tari Jaipongan Versi modern dan  Seni Sisingaan yang merupakan Seni Budaya asli Daerah Kabupaten Subang.

Acara dihadiri oleh Drs. Iwa Kusmayadi Kwarda Jawa Barat, Tatang Koswara S.pdi,M.Si. Kwarcab Subang, juga dihadiri Drs. Asep Kahlan Husen, MMPd. Kwaran Subang yang juga sekaligus sebagai Bapak Kepala Sekolah SMA PGRI 1 Subang .

Penyelengaraan Scout Competition Tingkat Kwarda diselenggarakan setiap 3 tahun dan Smakot sebagai perwakilan Kabupaten Subang. Asep Kahlan sebagai  Kaka Pembina Kwarcab menjelaskan bahwa “Kwarcab Subang berharap untuk perlombaan Pramuka ini supaya ditingkatkkan ke tingkat  Provinsi agar difasilitasi oleh Kwarda, karena dengan diadakan perlombaan seperti ini akan menunjang Pramuka antar daerah, dimana jarang sekali sekolah memfasilitasi untuk penyelanggeraan Scout Competition seperti ini,” jelas Ka Asep.

Perlombaan Pramuka ini bisa diselenggarakan sesuai Tingkat, dimana Tingkat SD diselenggarakan di Sekolah  SMP, SMP difasilitasi di Sekolah SMA dan SMA oleh perguruan tinggi, untuk Tingkat SMA sudah sering dilaksanakan oleh STKIP Sumedang.

Pengkajian isi dari Perlombaan Pramuka ini adalah bertujuan untuk menggali ilmu, menambah wawasan dan memotifasi para peserta agar lebih giat lagi menjadi Pramuka yang handal dan tumbuh menjadi pribadi dengan Mental yang kuat dalam kondisi apapun.

Ka Kwaran Subang juga berharap dari hasil kompetisi ini ada bekal bagi para peserta yaitu meningkatkan silaturahmi sesama pramuka, terutama untuk evaluasi diri sejauh mana kemampuan peserta. Perlombaan Pramuka Tingkat Kabupaten ini  juga salah satu cara untuk bersosialisasi dengan calon siswa-siswi SMP yang akan meneruskan ke Tingkat SLTA di SMA PGRI 1 Subang. Smakot merupakan Sekolah yang sering mengikuti kegiatan Scout Competition dan ikut Raimuna Nasional, bahkan Smakot juga pernah mengikuti perlombaan Tingkat Asean di Cibubur Bogor Jawa Barat.

Dalam sambutannya Ka Kwarda Iwa Kusmayadi memaparkan, bahwa “Penyelenggaraan Smakot Scout Competition Ke 5 ini sangat berkesan, sekolah yang dari depan terlihat kecil ternyata dalamnya besar, dan ini seperti Sekolah Mutiara,” Tutur Kakak Iwa. (Pepen)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya