Wabup Situbondo Serahkan 10.047 Kartu Nelayan

oleh


SITUBONDO-JATIM, (PERAKNEW).- Wakil Bupati Situbondo, Ir.H.Yoyok Mulyadi, M.Si. secara simbolis menyerahkan sebanyak 10.047 kartu nelayan kepada perwakilan nelayan setempat yang sudah terdaftar dan tervalidasi sebagai nelayan Situbondo.

“Sampai dengan Februari 2017, para nelayan di Situbondo yang sudah terdaftar dan tercetak kartunya sebanyak 10.047 nelayan mulai dari wilayah barat Kecamatan Banyuglugur hingga wilayah timur Kecamatan Banyuputih,” katanya seusai acara penyerahan kartu nelayan di Kantor Kamla (Keamanan Laut) Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Senin.(13/3) pukul 09.00 Wib.

Wabup H.Yoyok mengemukakan, masih ada sekitar 1.500 nelayan yang belum terdaftar dan mendapatkan kartu nelayan yang fungsinya mereka dapat mengikuti program pemerintah Pusat terkait dengan asuransi khusus para nelayan.

Pemerintah daerah setempat menghimbau kepada seluruh nelayan agar mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu nelayan sehingga dapat digunakan atau sebagai salah satu persyaratan mengikuti asuransi nelayan ketika terjadi kecelakaan di tengah laut saat mencari tangkapan ikan.

“Nelayan hanya cukup mendaftarkan diri kepada petugas dari daerah dan persyaratannya hanya membawa Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) saja serta tidak dipungut biaya,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Wabup, Pemerintah Pusat lewat Pemerintah Kabupaten Situbondo juga memberikan bantuan hibah sarana dan prasarana alat tangkap ikan kepada KUD Karya Makmur Kecamatan Besuki, yaitu 1 unit kapal penangkap ikan 20 GT (gros tonage) atau tonase kotor, 1 unit kapal penangkap ikan 10 GT dan 1 unit kapal penangkap ikan 5 GT.

“Untuk KUD Setia Karya Kecamatan Suboh mendapatkan kapal penangkap ikan 10 GT 2 unit dan 1 unit kapal penangkap ikan berukuran 5 GT. Selain itu juga alat tangkap ikan gillnet 11 paket dan bubu 4 paket serta rawai dasar 1 paket,” paparnya.

Dalam pantauan, selain pemerintah daerah menyerahkan bantuan hibah kapal penangkap ikan dan penyerahan 10.047 kartu nelayan, Wakil Bupati Situbondo juga menggelar dialog dengan para perwakilan nelayan serta mensosialisasikan program Perikanan Tangkap dan Pemberdayaan Nelayan yang tujuannya memberikan informasi dan pembinaan serta pengertian seputar kenelayanan. Leo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *