Sinergi Warga & Pemerintah Bersihkan Sampah di TPS Ciasem Girang

oleh -29 views

CIASEM-SUBANG, (PERAKNEW).- Puluhan kendaraan pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Subang dan Alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Subang diturunkan dalam proses pengangkutan sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS), Dusun Margamulya, Desa Ciasem Girang, Kecamatan Ciasem, Kab. Subang, pada Hari Minggu (14/7/19).

IMG-20190714-WA0040.jpg

Kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar permohonan Pemerintah desa (Pemdes), masyarakat bekerja sama dengan Koperasi Ikan Hias Mentari dan LPM Kec. Ciasem.

Hal itu dilakukan guna menetralisir sampah di TPS yang sudah nampak menggunung dan berserakan ke jalan dan permukiman.

Selanjutnya, beberapa pihak tersebut, sepakat akan menggalang dana, baik dari pemerintah, donatur swasta dan swadaya masyarakat setempat untuk membangun TPS dimaksud, serta memenej pengelolaan sampahnya agar tidak sampai menggunung kembali.

Demikian diungkapkan Ketua Koperasi Ikan Hias Mentari, Alam Abdurahman kepada Perak, disela giat pengangkutan sampah tersebut, “Kami bekerja sama dengan Pemdes dan warga akan memenej dengan baik pengelolaan sampah ini, nanti ada petugas sampahnya yang mengangkut sampah ke tiap rumah dan sepakat semua warga siap iuran per bulan Rp20 Ribu per rumah untuk menggaji petugas sampah dan biaya pengelolaan sampahnya. Dari pihak dinas terkait juga siap akan mengangkut sampah ini dua kali per satu minggunya,” tuturnya.

Lanjutnya, “Mudah-mudahan dari Ikiatan Pemulung Indonesia (IPI) juga yang berjanji akan membantu pembangunan dan memberikan bantuan alat cutting di TPS ini segera terealisasi, agar sampahnya bisa dikelola dengan baik dan bermanfaat,” katanya.

Menyikapi hal itu, di tempat dan waktu yang sama, Pjs Kades Ciasem Girang, Dadang mengapresiasi rencana koperasi tersebut, “Kami dukung penuh baik kegiatan pengelolaan sampah hari ini maupun yang direncanakan koperasi dengan masyarakat di sini. Karena hal ini yang ditunggu-tunggu selama ini oleh kami,” terangnya.

Sama halnya dikatakan Ketua LPM Kec. Ciasem, Sholih Andy kepada Perak, “Masalah sampah memang penting bagi lingkungan. Berkaitan dengan ini, turut mendukung dan siap bekerja sama dengan Pemdes, koperasi juga masyarakat atas rencana pengelolaan sampah di TPS ini,” ujarnya.

Salah seorang warga, bernama Ewor juga terlihat gembira saat berbincang dengan Perak, atas konsep dan kegiatan yang dilaksanakan tersebut, “Gembira dengan kegiatan ini, jadi cara pembuangan sampahnyapun akan tertib, tidak udal-udalan (berantakan) ketika buang sampah ke TPS,” ungkapnya sambil tertawa gembira. (Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *