oleh

Seluruh Calon Kepala Desa di Kabupaten Garut Berkomitmen Pilkades Damai

PERAKNEW.com – Sebanyak 294 calon kepala desa di Kabupaten Garut berkomitmen menjaga perdamaian dalam perhelatan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tanggal 15 Mei 2023 mendatang. Diinisiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut bersama Kepolisian Resor (Polres) Garut, para calon dari 82 desa pada 28 kecamatan hadir dalam acara Deklarasi Damai bagi Seluruh Calon Kepala Desa, di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (10/5/2023). Dari 308 kepala desa, sebanyak 294 calon kepala desa hadir, sedangkan 12 calon lainnya berhalangan hadir karena sakit.

Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Garut, Bambang Hafidz, menyampaikan selamat datang kepada para calon kepala desa yang hadir di Gedung Pendopo Kabupaten Garut, yang merupakan simbol pemerintahan di Kabupaten Garut.

Dalam kesempatan ini, ia berterimakasih atas inisiasi dari Kapolres Garut untuk menghadirkan para calon kepala desa melaksanakan Deklarasi Damai ini. Menurutnya, kepala desa adalah salah satu tokoh sentral yang akan menjadikan apakah desa tersebut damai atau tidak.

“Oleh karena itu dihadirkanlah bapak-bapak dan ibu ke sini, untuk bersama-sama berkomitmen menjaga perdamaian Kabupaten Garut, dan kami percaya bahwa bapak-bapak memiliki kemampuan untuk mengendalikan, untuk bersama-sama mengendalikan para pendukung yang ada di masing-masing desa,” ucapnya.

Baca Juga : Ketum IWO Lantik Mika Herlina sebagai Ketua DPD IWO Kab. Musi Rawas Utara

Dalam pemaparannya, Kapolres Garut, AKBP Rio Wahyu Anggoro, mengatakan, pilkades merupakan titik awal bagaimana agar pelaksanaan pesta demokrasi bisa berjalan dengan sukses di tingkat desa. Okeh sebab itu dirinya concern penuh terhadap desa.

Seluruh Calon Kepala Desa di Kabupaten Garut Berkomitmen Pilkades Damai1

“Dan saya berjanji kepada kepala desa di acara Rapat Negeri, saya bilang kepala desa 421 tolong gunakan anggaranmu yang baik, saya akan memberikan pendampingan terhadap dirimu,” tegas Kapolres Garut.

AKBP Rio juga mengungkapkan, kepala desa memiliki latar belakang yang bermacam-macam, oleh karenanya pihaknya akan memberikan pendampingan sehingga para kepala desa bisa mengelola anggarannya dengan baik.

“Karena bagi saya menangkap pelaku kejahatan itu suatu kebanggaan, tapi mencegah orang melakukan kejahatan itu adalah suatu kemuliaan,” ucapnya.

Kapolres Garut menerangkan, pihaknya akan menurunkan sebanyak 1.380 personil, ditambah dari jajaran TNI, serta pihaknya juga meminta personil BKO dari Polda kurang lebih 400 personil atau 4 kompi untuk menyukseskan acara Pilkades Serentak di Kabupaten Garut ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Desa DMPD Kabupaten Garut, Idad Badrudin, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kapolres Garut yang telah menginisiasi kegiatan pada hari ini.

Dalam hal keamanan, Idad menuturkan bahwa pihaknya sudah membuatkan pakta integritas dan melaksanakan Deklarasi Damai dengan semua calon kepala desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak pada 15 Mei mendatang.

Baca Juga : Ketum IWO Lantik Mika Herlina sebagai Ketua DPD IWO Kab. Musi Rawas Utara

“Secara regulasi tahapan dari mulai perencanaan sampai tahapan nanti pelaksanaannya termasuk sesuai regulasi, kita sudah laksanakan semua tahapan, dan sudah kita sampaikan ke PPKD di tingkat desa maupun sub panitia tingkat kecamatan,” tandasnya. (Herna)

Berita Lainnya