oleh

Rutan Tebing Tinggi Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

EMPAT LAWANG-SUMSEL, (PERAKNEW).- Para Narapidana dan Pegawai Rumah tahanan (Rutan) Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melaksanakan upacara peringati Hari Lahir Pancasila yang ke-73, di Rutan setempat, Jum’at (1/6/18).

Kepala Rutan tebing Tinggi, Yudhi Khairun melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan dan Pengolahan Rutan, Sukma Amri mengatakan, “Upacara ini dilaksanakan serentak di seluruh wilayah kesatuan Republik Indonesia, petugas yang melaksanakan upacara merupakan petugas Lapas dan Napi,” katanya.

banner 728x90

Ditambahkanya, “Agar masyarakat Indonesia memperkuat semangat gontong royong yang merupakan budaya leluhur bangsa, yang harus tetap dipupuk dan dijaga sebagai sumber energi bangsa, demi mencapai keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, kita harus percaya diri dan berani dalam kehidupan dunia yang mungkin terbuka. Bangsa ini tidak boleh terpecah belah dan berselisih, kita harus bersatu mengangkat Sumber Daya Manusia (SDM), yang tangguh dan unggul disegala bidang,” kata Sukma saat membacakan kata sambutan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Melalui kata sambutan tersebut, dirinya mengajak mengingatkan sejarah lahirnya Pancasila yang merupakan hasil dari perjuangan para pahlawan Bangsa Indonesia, “Pancasila pertama kali diuraikan oleh Presiden Pertama Bangsa Indonesia, Soekarno, pada 1 Juli 1945, kemudian di tuangkan dalam piagam, pada 22 Juli 1945 dan dirumuskan secara final pada 18 Agustus 1945. Dengan diperigatinya Hari Lahir Pancasila, diharapkan kedepanya persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia tetap terjaga.,” terang Sukma berharap. (Rahman/Jumadi)

Berita Lainnya