Petani Desa Jabong Serbu Pembagian Kartu Tani Pupuk Subsidi

oleh -2 views
Petani Desa Jabong Serbu Pembagian Kartu Tani Pupuk Subsidi

PAGADEN-SUBANG, (PERAKNEW).- Ratusan warga serbu lokasi pembagian jatah kartu tani dan buku tabungan secara gratis dari Dinas Pertanian (Distan) Subang dan Bank Mandiri, di Aula Kantor Desa Jabong, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, Kamis (1/3/18).

Menyikapi hal itu, Pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Mukti Desa Jabong, Dedi Kirman memaparkan, “Di Wilayah Desa Jabong ini, ada sekitar 1700 kartu tani dan buku tabungan yang harus di distribusikan secara bertahap. Ini baru tahap pertama, sebanyak 375 yang sudah terdaftar. Pembagian kartu tani itu untuk menghindari penyimpangan pendistribusian pupuk bersubsidi dari pemerintah kepada petani. Kartu tani ini sebagai alat belanja pupuk bersubsidi berbagai jenis dan cukup untuk dua hektare tanaman padi, yang harganya lebih murah, serta keuntungannya lebih banyak dan kesejahteraan petani akan meningkat,” paparnya.

Ia menambahkan, “Jika petani ada yang belum mendapatkan jatah kartu tani, silahkan urus ke dinas pertanian dengan melampirkan persyaratan foto copy KTP dan KK, serta jumlah area lahan pertanian yang dikelolanya, untuk realisasi tahap kedua,” terangnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pertanian Kec. Pagaden, Rahmat Saepudin didampingi PPLnya, Yani Rohyani mengatakan, “Dengan menerima kartu tani ini sebagai langkah awal untuk meningkatkan hasil panen padi, agar pangan nasional tetap aman.
Pembagian kartu kartu ini sangat membantu petani disaat harga pupuk sedang tinggi, banyak petani yang menjerit akibat harga pupuk mahal dan dengan memilki kartu tani ini, bisa dipakai menabung, transfer dan tentunya dapat membeli pupuk bersubsidi. Hal itu akan lebih ringan beban para petani di daerah ini,” jelasnya.

“Dikarenakan di Desa Jabong ini belum ada kios distributor,  maka untuk bisa membeli pupuk tersebut, di  Kios H. Nono, di Desa Gunung Sembung yang sudah di sediakan pemerintah,” pungkasnya. (Adih)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *