oleh

Peresmian Saung Inspirasi Karang Taruna Desa Sukamandijaya, Santuni Ratusan Anak Yatim & Jompo Dhuafa

CIASEM-SUBANG, (PERAKNEW).-Peresmian Saung Inspirasi Karang Taruna Desa Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, berlangsung dengan meriah dan sukses, di depan Halaman Kantor Desa Sukamandijaya, pada Selasa, 18 Agustus 2020.

Pada kesempatan itu, acara dibawakan oleh Pengurus Karang Taruna Kec. Ciasem, Asep Dadi (Bhesot), yang dihadiri oleh Kepala Desa Sukamandijaya, Khoeruddin, S.Pd.I., beserta Staf, Perangkat/kadus, Satgas/Linmas, ketua RT/RW dan Sejumlah Tokoh Masyarakat Desa Sukamandijaya, Bhabinkamtimas Sukamandijaya, AIPTU Tasli.

Dihadiri pula, oleh Sekmat Ciasem, Alex Nursalam, Ketua Karang Taruna Kec. Ciasem, Iriyanto Ibrahim Adji, Ketua Karang Taruna Desa Ciasem Hilir, Ali Sodikin, Pengurus LBH Giantara Subang, Ade Saepuloh, Ketua LSM NKRI Subang, Endang Sayuti/ Jenggo dan anggota.

Hadir juga Ketua Karang Taruna Kab. Subang, Heri Susanto, walaupun hanya sebentar, karena Ibunda tercintanya pada hari bersamaan, telah meninggal dunia. “Innalilahi Wainailaihi Rodziun… Semoga Husnul khatimah” Aamiin…

Hadir juga pada kesempatan itu, salah seorang senior Aktivis Anti Korupsi Subang, Asep Sumarna Toha (Ket LSM FMP/Pemred Perak) yang akrab disapa Abah Betmen beserta anggota, sekaligus Donatur Tetap Karang Taruna Desa Sukamandijaya, satu diantara dua donatur tetap ini, yaitu Tokoh Pemuda, Warlan dan Tokoh Masyarakat, H Otong Wiranta, S.P.,M.M.

Betapa tidak, karang taruna desa yang satu ini begitu memprioritaskan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan bhakti sosial kemanusiaan.

Sehingga, melalui komando kepemimpinan Karang Taruna Desa Sukamandijaya periode tahun ini, yaitu oleh Hendra Sunjaya, pihaknya kerap menggelar kegiatan-kegiatan sosial.

Seperti halnya dalam acara peresmian saung inspirasi karang tarunanya ini, pihaknya menggunakan tema, “Menjalin Kemitraan Dalam Beramal” mengadakan Santunan kepada Ratusan Anak Yatim/Piatu dan Orang Jompo Kaum Dhuafa.

Diselipkannya pula tema dalam acara istimewanya tersebut, “Karang Taruna Desa Sukamandijaya Berkarya untuk Bangsa”. Adapun hasil karya yang telah diproduksi karang taruna desa satu ini, bahkan yang paling diandalkannya, ialah Lampu Hias Motif Ukiran dari bahan baku limbah paralon, bisa pesan sesuai motif yang diinginkan konsumennya.

Selain itu, Karang Taruna Desa Sukamandijaya berkarya juga di bidang Perbengkelan Las Listrik dan Bengkel Service Motor dan servise lainnya.

Selanjutnya, dari beberapa karya hasil inspirasi mereka itu, Karang Taruna Desa Sukamandijaya juga giat dalam Peduli Lingkungan Kebersihan Pasar Jalur Ampera-Sukamandijaya dan dilengkapi dengan bisnis jual beli Tong Sampah dari bahan bekas Kaleng Cat dan sudah mulai berjalan satu minggu ini.

Demikian disampaikan Ketua Karang Taruna Desa Sukamandijaya, Hendra Sunjaya yang akrab disapa Enjoy ini, usai acara peresmian digelar, “Alhamdulillah, acara yang begitu istimewa bagi kami ini, bisa terselenggara dengan sukses, terimakasih saya ucapkan kepada para pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu nya, sudah mensupport, baik moril maupun materilnya,” ucapnya.

Saung Inspirasi ini lanjut Enjoy, “Baru ada dan dibangun pada periode kepengurusan karang taruna saat ini. Prihatin, sejak puluhan tahun lalu, karang taruna atau pemuda/i di Sukamandijaya kurang perhatian, salah satunya sekretariat atau saung seperti ini, belum pernah ada. Alhamdulillah, sekarang bisa membangunnya, atas biaya swadaya karang taruna, dari para tokoh/donatur dan Pemdes Sukamandijaya,” ujarnya bersyukur.

Masih diungkapkannya, “Dari beberapa hasil pemikiran/inspirasi dalam program kerja kami yang sudah berjalan tersebut, kami akan mengamalkannya kepada pemuda/i se-Desa Sukamandijaya, melalui kegiatan pelatihan gratis, yang Insyaallah akan diadakan pada bulan depan, sesuai kebutuhannya,” paparnya, ingin pula mengamalkan ilmunya dan ilmu para anggotanya.

Sementara, Kades Sukamandijaya, Khoeruddin dalam sambutannya mengatakan, “Saya mengapresiasi penuh atas karang taruna aktiv ini, terutama dalam pembangunan Saung ini. Memang dulu pernah membahas soal sekretariat karang taruna, tapi belum ada ruangannya, sehingga akhirnya saya sediakan saja lahan di depan kantor desa,” tuturnya.

Khoeruddin juga mendo’akan, “Semoga karang taruna yang sekarang ini, bisa menjadi motivasi dalam kegiatan-kegiatan positif para pemuda/i di Desa Sukamandijaya,” harapnya.

Sambutan kedua oleh Sekmat Ciasem, Alex Nursalam, dirinya juga mengapresiasi atas sejumlah kegiatan dan hasil karya karang taruna itu, “Saya sangat mengapresiasi, saya suka nih Lampu Hias dari bahan paralonnya, Insyaallah saya nanti pesan melalui ketuanya. Semoga kegiatan program kerja karang taruna desa ini, dapat menjadi motivasi karang taruna se-Kabupaten Subang umumnya dan khusus se-Kecamatan Ciasem,” suportnya.

Sama halnya dengan Ketua Karang Taruna Kec. Ciasem, Iriyanto Ibrahim Adji dalam sambutannya, “Saya bangga kepada Marang Taruna Desa Sukamandijaya yang sekarang, sudah banyak kegiatan aktiv, positif dan inovatif. Tidak perlu panjang lebar, intinya saya suport full, semoga Karang Taruna Desa Sukamandijaya tetap kreatif dan sukses terus,” tuturnya.

Sambutan terakhir, oleh Ketum FMP, Abah Betmen menerangkan, “Kebetulan para Pengurus Karang Taruna Desa Sukamandijaya yang sekarang ini, juga binaan lembaga kami, sehingga setiap ada kegiatan positif soal apapun, pasti kami suport dan mengenai salah satu hasil karya mereka ini, yaitu lampu hias yang motiv wajah pak bupati dan pak Wabup sudah ada di kantor kami, Insyaallah dalam waktu dekat ini saya akan berkoordinasi dengan pihaknya untuk meminta waktu pertemuan dengan saya dan Karang Taruna Desa Sukamandijaya untuk penyerahan lampu hias tersebut,” paparnya. (Cj-Dani/Cj-Bambang)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya