oleh

Pemkot Cimahi Serahkan Bantuan SPP Gratis Kepada 1.267 Siswa SD-SMP 

CIMAHI, (PERAKNEW).- Dalam upaya mendukung anak usia sekolah untuk meneruskan pendidikan, Pemerintah Kota Cimahi menebar bantuan sosial Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) gratis kepada 1.267 siswa jenjang SD-SMP swasta di Kota Cimahi.

Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna mengatakan, penyerahan bantuan menjadi komitmen Pemkot Cimahi dalam memajukan dunia pendidikan. Pasalnya, setiap peserta didik berhak mendapat beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya, “Dengan pijakan ini, kami terdorong untuk membantu masyarakat mengatasi kesulitan biaya pendidikan melalui program pemberian bantuan SPP,” kata Ajay, di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, belum lama ini.

Ajay mengungkapkan, beasiswa diberikan kepada enam orang dari satu SD swasta dan 1.261 siswa dari 17 SMP swasta. Penerima bantuan merupakan warga kurang mampu sesuai pendataan, “Kita berikan kepada mereka kartu khusus berwarna merah bertuliskan Kartu Penerima SPP Gratis yang berlaku selama bersangkutan berstatus peserta didik di sekolah penerima bantuan,” ungkap Ajay.

Menurutnya, saat ini kesenjangan partisipasi sekolah antar kelompok masyarakat masih cukup tinggi. Salah satu alasan rendahnya partisipasi pendidikan pada masyarakat kurang mampu adalah tingginya biaya penyelenggaraan pendidikan baik biaya investasi maupun biaya operasi, “Hal itu harus diperbaiki agar anak-anak bisa mendapatkan pendidikan melalui pemberian beasiswa transisi tersebut,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pemberian bantuan biaya pendidikan yang diperluas dan diperbesar akan dapat menekan siswa putus sekolah. Melalui pendidikan diharapkan taraf hidup masyarakat kurang mampu dapat diperbaiki dan ditingkatkan, “Intinya, bantuan ini di­maksudkan untuk meringankan biaya pendidikan siswa yang rawan putus sekolah, karena alasan ekonomi sehingga dapat menyelesaikan pendidikan dasar hingga 12 tahun,” imbuhnya.

Sejalan dengan itu, Pemkot Cimahi secara berkelanjutan terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia yang merupakan prasyarat mutlak mencapai tujuan pembangunan melalui bidang pendidikan. Aspek pendidikan memberikan kontribusi yang sangat besar pengaruhnya terhadap kemajuan daerah, “Pemkot Cimahi berkomitmen menjamin ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, kesetaraan dan kepastian bagi seluruh warga Cimahi untuk memperoleh layanan pendidikan,” paparnya.

Ajay berharap, para siswa penerima bantuan dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar untuk menyelesaikan Pendidikan, “Melalui pendidikan yang baik, Insya Allah masa depan yang lebih baik akan dapat diraih,” pungkasnya. (Harold)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya