KAB. BANDUNG, (PERAKNEW).- Peningkatan pembangunan Desa Sukamaju, Kecamatan Cimaung, Kab. Bandung yang bersumber dana dari dana desa (DD) dan Alokasi Dana Perimbangan Desa (ADPD) telah direalisasikan sebagamana mestinya.

Kepala Desa Sukamaju Drs. Icang Hadianto mengatakan,”Anggaran yang di turunkan kepada desa baik dari pusat atau Pemkab Bandung telah di terapkan sebagaimana mestinya untuk kepentingan warga masyarakat dan demi terbentuknya, inprastruktur yang nyaman. Untuk itu saya mengucapkan banyak terimakasih, kepada jajaran Pemkab Bandung dan Provinsi, atas dukungannya,” ungkapnya.

Dana desa yang dikucurkan pemerintahan pusat seyogyanya memang diperuntukan untuk percepatan pembangunan infrastruktur desa. Terkait hal itu, pemerintah desa Sukamaju melalui kadesnya, Drs. Icang Hadianto merespon cepat dengan merealisasikan segala bentuk bantuan pemerintahan tersebut, dari dana ADPD, dana desa dan batuan lainnya.

Realiasi program tersebut diantaranya, 6 posyandu yaitu di RW01, 02,  07,09, 10, dan 12. Satu unit PAUD di RW11, dengan total biaya masing masing posyandu sebesar Rp50 juta. Sedangkan pembangunan PAUD menghabiskan biaya sebesar Rp80 juta.

Untuk pembangunan TPT dan irigasi yang telah selesai dikerjakan diantaranya, irigasi rompi volume 60 m3  sebesar Rp50 juta, TPT Sawah lega, volume 60m3 biaya Rp 50 juta, TPT Cibitung volume yang sama dan biaya sama pula. Sedangkan TPT lapang bola di RW05 volume 12 m3 menghabiskan dana sebesar Rp100 juta.

Selain titik ini masih ada beberapa titik lagi yang sudah selesai pembangunanya, serta beberapa titik pula yang belum selesai di antaranya saja pembangunan kantor desa, yang pelaksanaannya dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan dalam artian setelah selesai di satu titik, langsung pindah ke titik lainnya, fokus dan hasilnya maksimal, katanya.

Untuk pengerjaannya semua di koordinir oleh TPK sebagai satlak dan juga di bantu oleh Swadaya Masyarakat sekitar.

(Cj Ogie S / Asep R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here