oleh

Miris, Cermin Masa Depan Pendidikan di Kabupaten Subang

PERAKNEW.com – Rumor bahwa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Subang sangat kekurangan guru pengajar, rupanya bukan main-main hal ini terbukti berdasarkan hasil temuan Perak, pada Rabu 2 November 2022. Pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukamaju yang terletak di Desa Rancaudik RT 14 RW 03 Kecamatan Tambakdahan Kabupaten Subang.

SDN Sukamaju memang jumlah muridnya kurang dari 100 anak namun lokasi sekolah sangat terpencil dan tidak mungkin untuk dihapus ataupun dihilangkan, selain itu SDN Sukamaju mempunyai bangunan yang masih kokoh, layak untuk dijadikan tempat belajar dan mengajar namun sangat ironisnya dari enam kelas ini hanya ada dua orang guru pengajar honorer, satu guru honorer bagian operator dan satu Kepala Sekolah PNS.

Hanya saja ada salah satu warga yang peduli terhadap SDN Sukamaju bernama Aman, ia sering kali ikut mengajar untuk kelas 3 dan kelas 4 itupun dilakukan pada saat tidak ada tugas di profesinya sebagai pendamping PKH di Dinas Sosial.

Miris Cermin Masa Depan Pendidikan di Kabupaten Subang1

Seperti yang di ungkapkan oleh guru honorer Romdiani, ia mengajar dalam sehari dua kelas yaitu kelas 1 dan kelas 2, mulai dari jam 07:30 WIB sampai jam 11:30 WIB. “Saya mengajar sehari dua kelas, dari kelas 1 dan kelas 2,” ucap Romdiani.

Baca Juga : Kukuhkan FK3 Wilayah 3, Kang Jimat: Semoga Mampu Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Romdiani berharap pemerintah mengirimkan guru maupun P3K atau PNS  ke SDN Sukamaju dikarenakan kekurangan guru untuk mengajar. “Saya berharap pemerintah mengirimkan guru atau PNS ke sekolah kami karena sekolah kami kekurangan guru,” harapnya.

Sedangkan yang diungkapkan guru honorer Taupik/Opik, ia menerangkan bahwa seluruh guru di SDN Sukamaju hanya ada tiga guru yang terdiri dari Kepala Sekolah PNS dan dua guru honorer. “Seluruh guru di SDN Sukamaju ada tiga guru, satu Kepala Sekolah dan dua guru honorer,” ujar Taupik.

Taupik berharap ada guru tambahan dari pemerintah dikarenakan sekarang ada program guru P3K, ia memohon agar pemerintah memperhatikan anak didiknya, “kami sangat prihatin dengan kondisi kekurangan guru tersebut. Dari jumlah murid kurang lebih sekitar 100 anak, masing-masing guru mengajar 2 kelas dan Kami berharap kepada pemerintah agar ditambahkannya guru ke SDN Sukamaju, sebab sekolah kami sedang membutuhkan guru tambahan,” jelasnya.

Baca Juga : Tinjau Inovasi Siswa/i SMK Genus, Kang Jimat Optimis Akan Hari Esok Subang

Hal ini sangat disayangkan pada saat Perak mendatangi SDN Sukamaju tersebut bahwasannya Kepala Sekolah Nani Nuraeni, S.Pd. tidak ada di sekolah. (Atang S)

Facebook Comments

Berita Lainnya