Kel. Tani Sri Makmur Dapat Bantuan Combine

oleh
Kel. Tani Sri Makmur Dapat Bantuan Combine
Kel. Tani Sri Makmur Dapat Bantuan Combine

Kel. Tani Sri Makmur Dapat Bantuan Combine

PATOKBEUSI-SUBANG, (PERAKNEW).- Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pertanian Kabupaten Subang, telah realisasikan satu unit mesin diesel atau combine ke Kelompok Tani Sri Makmur Dusun Babakan Kiara, Desa Rancabango, Kecamatan Patokbeusi, Kab. Subang, Rabu (24/5).

 

Keberadaan mesin tersebut sudah dinanti sejak lama oleh kelompok tani ini, sebagai sarana pasca panen agar meringankan pekerjaan buruh tani dan biaya panen, karena mesin ini bekerja lebih cepat dan multi fungsi dalam praktek memanen padi, dari memotong hingga mendiesel padi langsung diareal sawah yang akan dipanen. Demikian dikatakan Ketua Kelompok Tani Sri Makmur, Uun dirumahnya, Rabu (24/5) kepada Perak.

 

“Sudah lama kami menanti mesin ini dan pengajuan sudah dibuat berkali-kali, baru turun sekarang, sangat bersyukur. Mengenai aturan pemakaiannya, dikhusukan dulu untuk para anggota petani Sri Makmur, adapun biaya yang dikeluarkan untuk pemakaian itu sudah pasti, karena mesin ini butuh perawatan dan buruh yang akan menggunakannyapun pasti harus dibayar.” Ungkapnya.

 

Masih ditempat yang sama, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Patokbeusi, Maman mengamini keterangan Uun, “Pemakaian mesin ini pasti butuh biaya, karena operasional harus ada, perawatan seperti oli dan lain-lain, tahun ini di Kabupaten Subang hanya kelompok tani ini yang dapat combine,” ujarnya. Hendra/ Anen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *