oleh

Kang Asep Hadiri Pengukuhan FORIKAN

SUBANG, (PERAKNEW).- Sekretaris Daerah (Sekda) Subang, H Asep Nuroni, S.Sos.,M.Si., menghadiri acara pengukuhan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Subang bertempat di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Subang, Rabu 16 Juni 2021.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 29/MEN/2006 tanggal 26 September 2006 terbentuk FORIKAN (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan). FORIKAN bertujuan untuk mensosialisasikan dan mensinergikan program/kegiatan yang ada di masing-masing institusi dengan Program Nasional GEMARIKAN.

banner 728x90

Dengan anggota Lintas Instansi Pemerintah, Swasta, Asosiasi Perikanan, Asosiasi Profesi dan LSM, FORIKAN ini memiliki maksud dan keinginan :

  1. Mendorong pertumbuhan perekonomian nasional
  2. Peningkatan kualitas SDM Indonesia
  3. Mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional.
    Dalam kehidupan masyarakat, peran dan posisi FORIKAN adalah :
  4. Ujung tombak dan motor penggerak Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN)
  5. Motivator
  6. Lintas Lembaga, Profesi dan Budaya
  7. Independen dan non politik
  8. Membangun sinergi dan jaringan
  9. Memasyarakatkan makan ikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Subang, H. Rahmat Efendi S.Sos M.Si menyampaikan bahwa FORIKAN Kabupaten Subang yang di ketua-i oleh ketua tim penggerak PKK Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, FORIKAN yang tersinergi dengan program nasional yaitu GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) yang termasuk didalamnya GEMARIKAN (Gerakan Masyarakat Makan Ikan), dalam rangka RPJMD Kabupaten Subang menargetkan dengan RPJMD Perubahan 2021, yakni target 50 kg ikan/tahun untuk di konsumsi masyarakat.

Namun untuk tahun 2020 targetnya baru terpenuhi 39%, karena dalam target RPJMD sebelum perubahan targetnya sangat rendah.

Maka dari itu kita berusaha untuk meningkatkan bagaimana konsumsi ikan. Dimana beberapa waktu yang lalu TP PKK selalu mengadakan dan mensosialisasikan untuk mengkonsumsi ikan di tingkat kecamatan.

Subang yang merupakan sebagai produksi terbesar benih ikan mas baik provinsi maupun nasional, dan mempunyai beberapa potensi di sektor air payau dan nelayan, Dengan 7.600 hektar tambak yang produktif begitupun hasil tangkap oleh nelayan yang produktifitas dan hasilnya dikirim juga ke luar daerah. Jangan sampai masyarakat Subang sendiri dalam mengkonsumsi ikan terbilang rendah.

Selanjutnya Sekretaris Daerah Kabupaten Subang memberikan sambutan dan dukungannya kepada FORIKAN, mengingat fungsi FORIKAN yang sangat signifikan dan bersinergi, melihat di struktur dimana semua dinas & semua asisten terlibat, bahkan semua leading sector hampir terpenuhi. Forum ini sangat penting dan strategis untuk bersinergi dan mendorong konsumsi ikan untuk masyarakat. Harapannya, ada makna kesadaran masyarakat dalam berperilaku meningkatkan derajat kesehatan salah satunya dengan mengkonsumsi ikan yang baik untuk gizi dan kecerdasan.

Kemudian Sekda melakukan pengukuhan kepada anggota FORIKAN Kabupaten Subang dan melakukan penyematan simbolis Ketua FORIKAN kepada perwakilan TP PKK yang hadir mewakili ketua TP PKK Kabupaten Subang.

Turut hadir dalam acara pengukuhan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan para hadirin yang tergabung sebagai anggota FORIKAN Kabupaten Subang. (Hum)

Berita Lainnya