oleh

Kang Akur Hadiri Acara Peringatan Hari Jadi Otonomi Daerah Yang Ke XXVI Secara Virtual

SUBANG, (PERAKNEW).- Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, S.Si., MM menghadiri acara peringatan ke XXVI (26) Hari Otonomi Daerah (Otda) Tahun 2022 secara virtual di Ruang Rapat Bupati (25/04/2022)

Disampaikan sebagai bahan laporan oleh Dirjen Otda Kemendagri, Akmal Malik bahwa peringatan hari jadi Otda sebagai bentuk refleksi demi peningkatan kualitas ASN. Oleh karena itu, tema yang diangkat yakni “Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Wujudkan ASN yang Proaktif dan berakhlak dengan membangun sinergi Pusat dan Daerah dalam rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045”

Akmal Malik menyampaikan bahwa Pada tahun 2022 usia otonomi daerah sudah menginjak 26 tahun, usia yang cukup dewasa untuk terus memacu semangat otonomi daerah dan dalam rangka menentukan arah kebijkan juga memantapkan pelaksanaan otonomi daerah untuk mewujudkan ASN yang proaktif dan berakhlak menuju indonesia emas 2045.

Kang Akur Hadiri Acara Peringatan Hari Jadi Otonomi Daerah Yang Ke XXVI Secara Virtual2

Selanjutnya disampaikan pula sambutan Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Suhajar Diantoro sebagai Sekretaris Jenderal Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam sambutannya, Suhajar Diantoro mengajak untuk kembali memahami esensi filosofis dari ditetapkannya otonomi daerah. Secara filosofis tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendelegasikan sebagian kewenangan, atau urusan pemerintahan, sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal, dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah serta memacu terjadinya percepatan pemerataan pembangunan.

Lahirnya UU (Undang-undang) No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, yang membenahi hubungan Pemerintahan Pusat dan Daerah, dengan diterbitkannya UU tersebut daerah memiliki kewenangan dalam seluruh bidang pemerintahan kecuali politik luar negeri, pertahanan dan keamanan, peradilan, moneter, fiskal, agama serta kemenangan bidang lainnya.

Disampaikan pula bahwa Otonomi daerah telah memberikan dampak dengan adanya percepatan pembangunan, yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia, bertambahnya pendapatan asli daerah, dan kemampuan fiskal daerah.

Pada kegiatan tersebut, dilaksanakan pula peluncuran dua sistem daring dari Kemendagri, yakni Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SI LPPD) versi 1.1 dan Konsultasi Virtual (Kovi) Otonomi Daerah.

Baca Juga : Wabup Garut Kerja Sama Dengan Kemenparekraf Gelar Acara Bincang Kreatif

Kang Akur, sapaan akrab Wakil Bupati Subang, menyampaikan harapannya dengan momentum peringatan hari jadi otonomi daerah, pemerintahan daerah akan terus berinovasi demi kemajuan Subang yang tentu di dorong oleh kualitas kinerja ASN yang lebih baik.

Turut hadir dalam agenda tersebut seluruh unsur jajaran Forkopimda Kab. Subang dan para kepala OPD. (Hum)

Facebook Comments

Berita Lainnya