oleh

Kades Sundakerta Gelar Penyuluhan Germas

TASIKMALAYA – (PERAKNEW).- Pemerintah Desa Sundakerta menggelar penyuluhan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bagi Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), di Gedung Olahraga (Gor) Desa Sundakerta, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Rabu (18/09/2019).

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh Sekmat Sukahening, Mamat Subagja, Kepala UPT Puskesmas Sukahening, H. Aep Saripudin SKM., M.Si., Kapospol Sukahening, Aiptu. Wawan Hermawan, Kepala Desa Sundakerta, Anton Raksadiwangsa dan para pengurus LKD Desa Sundakerta.

Kepala Desa Sundakerta, Anton Raksadiwangsa mengatakan, dengan adanya kegiatan Penyuluhan Germas, besar harapan adanya perubahan yang signifikan terhadap pola hidup masyarakat yang lebih baik “Mudah-mudahan para peserta yang hadir dalam kegiatan ini terutama para pengurus Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), bisa memahami tentang materi yang di sampaikan oleh setiap nara sumber.

Sehingga betul-betul mampu memberikan pemahaman terhadap warga masyarakat di wilayah Desa Sundakerta. Sesuai salah satu fungsinya, yaitu menjadikan kualitas dan percepatan pelayanan Pemerintah terhadap masyarakat menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Sementara, Kepala UPT Puskesmas Sukahening, H. Aep Saripudin mengatakan, Germas marakanya suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat. Dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Dengan tujuannya Agar Masyarakat Berprilaku Hidup Sehat sehingga akan berdampak pada,Kesehatan akan terjaga, Meningkatkan Produktivitas, Terciptanya Lingkungan Bersih dan Mengurangi Biaya Pengobatan,” ujar Aep.

Lanjutnya, “Kegiatan Germas itu, yakni Melakukan aktivitas fisik (Berolahraga), Mengkonsumsi sayuran dan buah, Tidak Merokok, Tidak mengkonsumsi Alkohol, Memeriksakan kesehatan secara teratur, Membersihkan Lingkungan dan Menggunakan jamban. Siapa yang harus melaksanakan kegiatan tersebut, adalah Individu, keluarga dan masyarakat,” terangnya.

Selain itu, Sekmat Sukahening, Mamat Subagja mengatakan, satu Germas akan menggerakan masyarakat bisa hidup sehat dengan mengikuti kegiatan, sala satunya melakukan aktivitas fisik, yaitu isa berolahraga dan bisa bekerja, kedua makan sayur dan buah, ketiga berhenti merokok dan cek kesehatan secara rutin, ke puskesmas, kerumah sakit, “Jangan hanya kalau kerumah sakit itu hanya padasaat sedang sakit saja, dan selanjutnya jangan minum yang mengandung alkohol katanya,” tegasnya. (Fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya