HUT ke-50 PD BPR Werdhi Sedana, Bupati Gianyar Launching KURDA

oleh

GIANYAR-BALI, (PERAKNEW).- Peringatan Hari Ulang tahun (HUT) ke-50 PD BPR Werdhi Sedana, Bupati Gianyar, AA Gede Agung Bharata melakukan Launching Program Kredit Usaha Rakyat Daerah (KURDA) Pemkab Gianyar. Kegiatan ini disaksikan DPRD, Wakil Bupati Gianyar, Sekda, serta pejabat di lingkungan Pemkab Gianyar. Acara ini berlangsung di Area Car Free Day (CFD) Taman Kota Gianyar, Minggu (28/2/18).

Direktur Bank Perkreditan Rakyat (Dirut BPR) Werdhi Sedana Gianyar, I Nyoman Suparsa Widana menjelaskan, “KURDA merupakan suatu program kerja pemerintah Kabupaten Gianyar yang bertujuan memperkuat permodalan Usaha Mikro Kecil (UMK) dan koperasi yang ada di Kabupaten Gianyar. Sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi kerakyatan. KURDA akan dijalankan dengan pola Executing sehingga dalam penetapan UMK dan koperasi yang layak menerima dana penguatan modal sepenuhnya berlaku mekanisme perbankan. KURDA ini sendiri merupakan program dari Bupati Gianyar, guna menumbuhkan UMK dan koperasi yang ada di Kabupaten Gianyar sebagaimana telah diatur dalam Permendagri No 94 tahun 2017 tentang Bank Perkreditan Rakyat milik Pemerintah Daerah,” terangnya.

Untuk saat ini, dana yang disiapkan Pemkab Gianyar sebesar Rp10 Miliar dan penyaluran KURDA tersebut, dikerjasamakan dengan PD BPR Werdhi Sedana dengan besaran pinjaman maksimal untuk UMK sebesar Rp50 juta, sedangkan untuk koperasi sebesar Rp100 juta dengan suku bunga 6 persen per tahun. Pola penyaluran KURDA ini dilakukan dengan pola executing, sehingga dalam penetapan UMK dan koperasi yang layak menerima dana penguatan modal sepenuhnya berlaku mekanisme perbankan.

Suparsa Widana menambahkan, sesuai hasil audit dari Auditor Independen Kantor Akuntan Publik, Drs. Sri Marmo Djogosarkoro dan Rekan Laporan Keuangan PD BPR Werdhi Sedana, per tanggal 31 Desember 2017, jumlah aset sebesar Rp103.029.888.538,- Kredit yang disalurkan Rp58.248.960.450,- Simpanan dana pihak ketiga Rp82.081.379.410,- dan laba setelah pajak Rp3.375.003.348,- Sesuai ketentuan PD BPR Werdhi Sedana, menyetor Pendapatan Aset Daerah (PAD) tahun 2018 sebesar 50 persen dari laba setelah pajak sebesar Rpl.687.501.674,- atau 146,38 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp1.152.745.951,- melampaui target sebesar Rp534.755.722,-.

Bupati Gianyar, Agung Bharata menambahkan, keberadaan koperasi dan UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi kerakyatan di Kabupaten Gianyar. Dengan diluncurkannya KURDA ini akan membantu mengatasi permasalahan dari sisi permodalan, sehingga diharapkan keberadaan koperasi dan UMKM di Kabupaten Gianyar semakin berkembang. Harapannya, keberadaan PD BPR Werdhi Sedana ini akan semakin mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Gianyar.

Agung Bharata mengajak seluruh masyarakat Gianyar untuk memanfaatkan jasa dan pelayanan yang ada pada PD BPR Werdhi Sedana, guna membantu perkembangan PD BPR Werdhi Sedana yang sekaligus memberikan kontribusi bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Gianyar. (Wyn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *