MUSI RAWAS-SUMSEL, (PERAKNEW).- Pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Musi Rawas yang di pimpin langsung oleh Bupati Musi Rawas, H. Hendra Gunawan (Sebagai Pembina Upacara) berlangsung hikmad, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Musi Rawas, Jum’at (1/6/18) pagi.

Upacara diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Bupati Musi Rawas, dilanjutkan dengan pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan diakhiri dengan do’a oleh Kabag Kesra Setda Mura, Yusran Amri.

Dari pantauan Perak, upacara dimulai pukul 07.30 WIB yang dihadiri Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti, Kapolres Musi Rawas, Komandan Brimob, Kepala Pengadilan Agama, Perwakilan Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, Pengadilan Negeri, Kementerian Agama, para pejabat dan ASN Musi Rawas, Anggota Polri, TNI, Siswa SMA, Mahasiswa dan organisasi kemasyarakatan (ormas).

Dalam upacara ini, Bupati Musi Rawas membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka upacara peringatan hari lahir Pancasila. Dalam sambutannya mengungkapkan, “Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita. Semangat dan energi kebersamaan diharapkan mampu membuat Indonesia berprestasi dan memenangkan kompetisi.

Dalam sambutan itu,  Presiden juga mengajak seluruh atlit untuk menanamkan semangat berprestasi  di dada para atlet untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Paragames yang diselenggarakan tahun ini.

Upacara yang juga diisi dengan pengibaran sang saka merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Mera Putih Kabupaten Musi Rawas.

Penetapan Hari Lahir Pancasila ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Bandung, pada 1 Juni 2016. (Rahman/Jumadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here