oleh

FMP Jabar Bareng Kapolres Subang Bangun Rumah Mak Wasri

PERAKNEW.com- Forum Masyarakat Peduli (FMP) Jawa Barat (Jabar) kembali Membedah dan Membangun Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang ke 22. Kegiatan ini merupakan program PEDULI BEDAH RUMAH FMP JABAR Kerja bareng dengan Kapolres Subang, AKBP Sumarni.

Rutilahu yang dibedah dan dibangun kali ini milik Mak Wasri Warga Dusun Mulyasari RT 10/RW 04, Desa Rancajaya Kecamatan Patokbeusi Kabupaten Subang pada Hari Rabu 31 Mei 2022.

Acara peletakan batu pertama membangun Rumah Layak Huni (Rulahu) Mak Wasri tersebut, diawali dengan sambutan Kepala Desa Rancajaya, H. Kosasih yang berhalangan hadir sehingga diwakili oleh Ketua BPD Rancajaya, Dwi Kurniadi.

Dwi mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada FMP Jabar dan Kapolres Subang, juga donatur lainnya yang telah berkenan menyisihkan rizkinya untuk pembangunan Rutilahu agar menjadi Rulahu milik warganya ini, “Mohon maaf yang sebesar-besarnya dan tidak mengurangi rasa hormat karena bapak Kepala Desa tidak dapat hadir dan memberikan amanat kepada saya untuk mewakili menyambut semua yang sekarang hadir ditempat ini,” ucapnya.

FMP Jabar Kerja Bareng Kapolres Subang Bedah-Bangun Rutilahu Mak Wasri2

Dwi menuturkan, “Saya mewakili Pemerintah Desa Rancajaya mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada FMP Jabar yang dipimpin oleh Kang Asep Betmen. Setelah ada acara seperti ini, mudah-mudahan donatur-donatur yang tetap akan bisa bertambah untuk menjalankanya sampai beberapa unit yang akan beliau programkan ini,” tutur Dwi.

Sama halnya dengan Camat Patokbeusi yang tidak bisa hadir dalam prosesi peletakan batu pertama Rutilahu tersebut dan diwakili oleh Kasi Trantib Pol PP Patokbeusi Abdul Rasyid dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih atas kepedulian FMP Jabar dan Kapolres Subang beserta donatur lainnya yang sudah peduli kepada warganya, “Saya mewakili Pak Camat mengucapkan terimakasih kepada Ketua Umum FMP Jabar yang di Ketuai oleh Kang Asep Betmen dan mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan lancar sesuai harapan kita, selanjutnya bisa terus dilaksanakan di Desa-Desa di Wilayah Kecamatan Patokbeusi,” ucapnya berharap.

Selanjutnya sambutan dari Kabag Sumber Daya Polres Subang Kompol Jimmy yang mewakili Kapolres Subang AKBP Sumarni yang kebetulan tidak bisa hadir juga karena sedang banyak kegiatan di kantornya.

Jimmy mengucapkan selamat kepada Mak Wasri semoga nanti pembangunan Rulahu yang tadinya Rutilahu ini dapat bermanfaat dan pihaknya pun selalu mendukung FMP Jabar, serta mendoakan mudah-mudahan kegiatan kemanusiaan ini terus berlanjut dan membantu masyarakat yang betul-betul membutuhkan pembangunan Rumah yang layak huni, “Mohon maaf sebelumnya, saya menyampaikan dari ibu kapolres, karena beliau hari ini banyak kegiatan di Polres, jadi beliau menunjuk langsung saya selaku kepala bagian sumber daya manusia. Saya pernah juga jadi narasumber di Kabupaten, beberapa kali diundang sebagai narasumber, intinya adalah terkait masalah perundang-undangan terkait masalah Rutilahu,” ujarnya.

FMP Jabar Kerja Bareng Kapolres Subang Bedah-Bangun Rutilahu Mak Wasri3

Jimmy menyampaikan, “Saya mewakili beliau mengucapkan selamat kepada ibu Wasri, semoga nanti pembangunan Rutilahu ini dapat bermanfaat dan kita pun mendukung Abah Betmen ini. Nanti kalau ada kegiatan lain mungkin ibu Kapolres akan mendukung kembali, mudah-mudahan ini terus berlanjut dan kitapun membantu dari pada masyarakat yang betul-betul membutuhkan pembangunan rumah yang layak huni,” paparnya.

Kabid Fakir Miskin pada Dinas Sosial (Dinsos) Subang Saeful dalam sambutannya mewakili Kepala Dinsos Subang Deden menyampaikan rasa terimakasihnya kepada FMP Jabar yang selalu bekerjasama dengan pemerintah sehingga sudah mencapai 22 unit Rutilahu yang dibangun ini, “Saya mewakili dari pemerintah daerah, dari Dinsos mengucapkan banyak terimakasih atas peran rekan-rekan dari FMP Jabar, berkat kerjasamanya dan dukunganya kepada Pemerintah Daerah Subang membantu sudah 22 rumah,” ucapnya.

Pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf dari pemerintah daerah yang masih minim tentang Program Rutilahu karena ada kegiatan Bansos tidak terencana, itu terfokus pada yang terkena bencana dan memohon kepada masyarakat bahwa ketika ada rumah-rumah yang rawan ambruk agar diajukan melalui Aplikasi Abah Jawara, “Saya mewakili pemerintah daerah mohon maaf, karena dari pemerintah daerah ini masih minim tentang Rutilahu, karena kami ada kegiatan Bansos tidak terencana, itu terfokus pada yang terkena bencana. Masyarakat juga tolong ketika ada rumah-rumah yang rawan, agar diajukan melalui Aplikasi Abah Jawara,” terang Saeful.

Sambutan terakhir dari Ketua Umum FMP Jabar, Abah Betmen mengucapkan Alhamdulillah sebagai bentuk rasa syukurnya atas respon cepat dari Kapolres Subang AKBP Sumarni dalam langkah kepedulian terhadap kegiatan Sosial ini, “Alhamdulillah ada respon cepat dari bu Kapolres. Ini adalah bentuk gotong royong dari kita semua, sehingga insyaallah akan ada rumah-rumah Mak Wasri yang lainya yang akan kiita bedah dan membangunnya hingga jadi Rumah Layak Huni,” ujarnya.

Abah Betmen juga menyampaikan bahwa pihaknya kini Memiliki Program dengan Judul Gerakan 10.000 (Sepuluh ribu) untuk Sepuluh Ribu Rumah, “Kita punya program Rp.10 Ribu untuk seribu unit rumah, dengan Rp.10 Ribu donasi kita sama saja membangun seribu unit untuk Kabupaten Subang, jadi mohon doa dan dukunganya, semoga apa yang kita impikan bisa terwujud, karena ini demi masyarakat Subang yang memang bener-bener membutuhkan dan saya ucapkan Jajakallah Khairan Khatsiron Ashanal Jaza, semua donatur-donatur yang telah membantu sehingga dapat mewujudkan rumah-rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni,” tuturnya.

Seperti diketahui, FMP Jabar dalam waktu dekat pada Minggu ini berencana akan melakasanakan program serupa yang ke 23, atas calon penerima manfaat Nenek Rumini di Desa Bobos, Kecamatan Legonkulon.

Baca Juga : Kapolres Subang Bantu Mak Mini Yang Tinggal Di Gubuk Nyaris Roboh

Acara peletakan batu pertama ini selain dihadiri oleh Ketua Umum FMP Jabar Abah Betmen beserta jajarannya, Kabag Sumda Polres Subang Kompol Jimmy beserta jajarannya, Kasi Trantib Pol PP Patokbeusi Abdul Rasyid beserta jajarannya, Ketua BPD Rancajaya Dwi bersama Sekdes Rancajaya beserta perangkat Desanya, Kabid Fakir Miskin Dinsos Subang Saeful, dihadiri juga oleh Kapolsek Patokbeusi Kompol Acep Hasbullah yang sempat memberikan bantuan berupa bingkisan kepada Mak Wasri, Danramil Patokbeusi diwakili Babinsa Desa Rancajaya.

Program Bedah dan Bangun Rutilahu FMP ke 22 unit ini selain Kerja bareng Kapolres Subang Beserta Donatur Peduli Bedah Rumah, Kabagkesra Pemda Subang, Pemdes Rancajaya, Muspika Patokbeusi, serta warga setempat dan Peraknew.com, Media Peduli Rakyat, Perak TV. (Galang/Hendra)

Facebook Comments

Berita Lainnya