oleh

Diduga P3A Ganti Mulyo Kerjakan Proyek Irigasi tak Sesuai Spek/ Juknis

LAMTIM-LAMPUNG, (PERAKNEW).- Pekerjaan irigasi saluran tersier yang di laksanakan oleh pihak Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3 A) Desa Ganti Mulyo, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Provinsi Lampung diduga tidak sesuai dengan spek dan juknisnya.

Hal ini terlihat tidak adanya papan nama proyek. Bahkan dinding cor yang terpasang banyak yang patah dalam proses pemasangan.

banner 728x90

Pengecoran lantai dasarnya dilakukan secara langsung di lokasi pekerjaan yang seharusnya proses pembuatan sama dengan cor dinding.

Ketua P3 A Ganti Mulyo, Sarno membenarkan proses pengecoran secara langsung itu, “Sudah berkoordinasi dengan pihak konsultan pendamping, yaitu Ibu Melda,” ungkap Sarno, Jumat (11/06/2021).

Kepala Kuli Proyek, Sriyono juga membenarkan, “Kalau pengecoran lantai dibuat bersama dengan dinding ditakutkan banyak yang patah pada saat pengangkut ke lokasi pekerjaan,” dalihya

Secara terpisah, Ketua Bidang Investigasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pijar Keadilan Lamtim, Raden Agus mengatakan, kalau pekerjaan irigasi saluran tersier sudah banyak melanggar spek dan juknis dalam proses pembangunan, kemungkinan besar kualitas dan kuantitas pekerjaan itu, bisa jadi akan cepat rusak.

Lebih jauh Agus mengatakan, untuk pihak konsultan pendamping tolong diawasi secara benar dalam proses pelaksanaan proyek ini, “Karena anggaran yang sudah digelontorkan oleh pihak Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam hal ini pihak Balai besar yang sifatnya swakelola untuk Perkumpulan Petani Pengguna Air ( P3A) di Lampung Timur cukup besar,” ungkapnya.

Lanjut Raden, “Jangan sampai anggaran yang diperuntukkan untuk pembangunan atau rehab saluran sekunder atau Tersier banyak digunakan untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya,” tandasnya. (Wanda)

Berita Lainnya