oleh

Dari Tiga Belas Balon, Panitia Umumkan Tiga Calon PAW Kades Sukamandijaya

PANTURA-SUBANG, (PERAKNEW).- Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang adakan Ujian Tertulis Bakal Calon (UT Balon) PAW Kades Sukamandijaya, di Universitas STIESA, pada Hari Jum’at, 5 Maret 2021.

Tujuan UT tersebut, untuk melakukan penjaringan dari sejumlah 13 (tiga belas) Balon yang mendaftar, hingga mengerucut pada 3 (tiga) besar yang lulus dan layak juga berhak menjadi Calon Kades PAW Desa Sukamandijaya.

banner 728x90

Adapun 3 diantara 13 Balon itu, yang lolos dalam UT, adalah peringkat pertama diraih oleh Balon PAW, bernama Hj Ernawati dengan Nilai UT 93 ditambah nilai hasil akumulasi verifikasi berkas 8 jadi total nilai 101, kedua, Ade Wahyu Wibisana dengan Nilai UT 69 ditambah nilai hasil akumulasi verifikasi berkas 8 jadi total nilai 77 dan ketiga, Tatan Rustandi dengan Nilai 65 ditambah nilai hasil akumulasi verifikasi berkas 8, jadi total nilai 73.

Seperti dikatakan Ketua Pilkades PAW Desa Sukamandijaya, Iteng Sukarya saat diwawancarai Perak mengatakan, “Tiga dari tiga belas Balon yang kemarin mengikuti UT, yang lolos peringkat pertama dan nilai UT sudah ditambah nilai hasil akumulasi verifikasi berkas tersebut, yang pertama Hj Ernawati, kedua Ade Wahyu Wibisana dan peringkat ketiga Tatan Rustandi dan hari ini sudah ada penentuan dari balon ke calon, ini kami mau sampaikan kepada BPD, Pemdes juga tiga calon yang lolos tiga besar dimaksud,” terangnya, Sabtu, 6 Maret 2021.

Kepada tiga calon kades PAW yang lolos Iteng berharap, “Dapat mengikuti tahapan-tahapan berikutnya, yaitu tahapan pemilihan, namun sebelumnya, kami akan mengundang tiga calon ini, untuk menentukan nomor urut dan kursinya, kedua mengikuti aturan-aturan yang ada, artinyua kita akan mengeluarkan fakta integritas kepada calon agar mematuhi aturan dari panitia, sehingga tercipta kondusifitas proses PAW, harapan ini juga bukan dari panitia saja, melainkan dari masyarakat Desa Sukamandijaya, jadi ikuti aturan saja dari panitia, karena panitia tidak akan keluar dari kontek Perbup itu sendiri,” paparnya.

Sementara, kepada para balon yang tidak loos tes Iteng berpesan, “Agar berjiwa besar, mungkin belum ditakdirkan jadi konsestan, jangan kecewa berlebihan, karena setiap pertandingan itu, ada menang ada kalah, yang menang jangan gumawa dan yang kalah harus legowo, intinya panitia sudah melakukan upaya dan fasilitasi mereka sesuai aturan, artinya keingann mereka sudah direalisasi, diantaranya hasil tes diumumkan langsung, diperiksa langsung dan dinilai langsung, tanpa keluar dari ruangan tes itu, artinya panitia sudah melakukan trasfaransi tanpa keluar dari kontek perbup,” tutrunya.

Tambah Iteng, “Untuk menuntukan hak pilih, akan melakukan langkah-langkah dalam mendelegasi pemilih yang berhak bersuara pada tanggal 31 Maret 2021 nanti, kami sudah konsultasi dengan Dispemdes dan Kabag Hukum, berhubung keduanya ada selisih paham, maka nanti Hari Senen, 8 Maret 2021 akan audensi di Gedung DPRD Subang,”  pungkasnya menambahkan.

Balon/ PAW Kades Sukamandijaya, Hj Ernawati menyatakan kegembiraannya atas raihan nilai UT tertinggi tersebut, “Saya cukup senang dan gak nyangka bisa mendapat nilai tertinggi dalm Ujian Tes ini, harapan saya, jika terpilih nanti menjadi Kepala Desa Sukamandijaya dalam Musyawarah PAW ini, ingin melakukan perubahan lebih baik untuk Desa Sukamandijaya yang saya cintai ini,” tuturnya kepada Perak.

Sementara, Tatan Rustandi mengatakan, “Hasil tes tersebut belum maksimal bagi saya, dikarenakan konsentrasi yang terganggu akibat keterbatasan waktu, karena saya datang terlambat,” ujarnya.

Sementara itu pula, Ade Wahyu Wibisan, peraih nilai tes peringkat kedua, belum bersedia diwawancarai, “Saya belum awaktunya diwawancarai, nanti saja,” katanya. (Anen/CJ-Dani)

Berita Lainnya