oleh

Covid-19 Masih Ada, Pemerintah Perpanjang Stimulus Listrik Bantu Masyarakat

SUBANG, (PERAKNEW).- Sehubungan dengan pandemi Covid-19 dirasa masih ada, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali realisasi stimulus listrik untuk sebanyak 32 juta pelanggan rumah tangga, daya 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA bersubsidi serta 459.000 pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA, pada periode Bulan Maret 2021.

Seperti diketahui melalui rilisnya, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi mengungkapkan, “Stimulus listrik, mulai Bulan Maret sudah kami siapkan untuk disalurkan,” ungkapnya, Selasa (2/3/2021).

Selain meringankan beban masyarakat dari pandemi Covid-19, Agung juga menjelaskan, bahwa penyaluran stimulus listrik ini juga bertujuan untuk pemulihan ekonomi nasional, “Kami menyadari stimulus listrik ini sangat membantu meringankan beban kelompok masyarakat tidak mampu dan rentan dalam menghadapi pandemi COVID-19. Ini juga merupakan langkah konkret PLN ikut serta dalam pemulihan ekonomi Nasional,” jelasnya.

Adapun untuk memperoleh diskon token listrik stimulus tersebut, caranya cukup mudah, khusus daya 450 VA dapat dilakukan melalui Aplikasi PLN Mobile.

Jika Aplikasi PLN Mobile belum ada di Hp anda, download terlebih dahulu melalu Playstore atau Appstore. Setelah selesai mengunduh atau download aplikasi PLN Mobile dimaksud, buka aplikasi PLN Mobilenya. Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo. Kemudian, masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter dan token stimulus listrik pun akan muncul. Lalu, pelanggan tinggal memasukkan token stimulus listrik tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

PLN juga tetap menyediakan akses melalui website www.pln.co.id atau melalui layanan WhatsApp melalui nomor 08122-123-123. Hal ini dilakukan untuk memberikan banyak pilihan akses agar pelanggan mudah mendapatkan stimulus listrik ini.

Masih menurut Agung, “PLN menambah saluran melalui Aplikasi PLN Mobile untuk lebih mempermudah, karena tinggal buka aplikasi di HP, masukan ID Pelanggan/Nomor Meter, sudah dapat nomor tokennya,” tuturnya.

Sementara itu, untuk daya 900 VA, tidak perlu melihat PLN Mobile, langsung melalui Layanan WhatsApp atau Website, karena token diskon 50 persen langsung didapat atau diperoleh saat pelanggan membeli token.

Khusus untuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi pascabayar, diskon akan langsung memotong tagihan rekening listrik dan akan tersedia paling lambat tanggal 4 Maret 2021.

Dalam pandemi Covid-19 ini, pemerintah memutuskan perpanjangan pelaksanaan diskon tarif tenaga listrik PLN dibagi dalam beberapa ketentuan, diantaranya diskon listrik 100 persen diberikan kepada pelanggan pascabayar golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA, dan industri kecil daya 450 VA. Adapun untuk pelanggan prabayar, setiap bulannya diberikan token diskon 100 persen yang besarannya sama seperti sebelumnya.

Lalu, diskon 50 persen diberikan kepada golongan pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi pascabayar. Kemudian bagi pelanggan prabayar diskon 50 persen langsung diterima saat membeli token (harga belum termasuk PPJ).

Stimulus yang diberikan pada periode Januari – Maret 2021 maksimal setara dengan 720 jam nyala. Pemakaian di atas itu akan dikenakan tarif normal subsidi, “Jadi untuk pelanggan pascabayar akan langsung mengurangi biaya tagihan listrik, kemudian untuk daya 450 VA prabayar token dapat diperoleh melalui cara yang sudah dijelaskan. Sementara untuk pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi, stimulus diterima ketika melakukan pembelian token listrik,” ucap Agung.

Stimulus listrik ini nantinya akan berlaku untuk pelanggan pascabayar penghitungan rekening hingga Maret 2021. Sementara itu, untuk pelanggan pra bayar berlaku saat pembelian token listrik hingga Maret 2021. (Red/Net)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya