Disdikpora Kab. Badung Bakal Terapkan Absen Sidik Jari Buat Guru

oleh


BADUNG-BALI, (PERAKNEW).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) berencana bakal menerapkan sistem absen finger print (sidik jari) untuk seluruh guru di Badung. Hingga sekarang beberapa sekolah di antaranya sudah ada yang menerapkan sistem tersebut.

Hal ini diterapkan untuk meningkatkan kedisiplinan para tenaga pendidik, terlebih lagi para guru sering tidak menjalankan tugasnya secara optimal. Selain itu, banyak guru yang ditemui izin dengan berbagai alasan, namun dalam daftar hadir manual yang digunakan terlapor terisi penuh.

Tak hanya itu saja, menurut informasi guru kontrak juga sering datang ke sekolah hanya pada jam mengajarnya saja. Setelah selesai mengajar, dia justru memilih pulang mendahului tanpa menunggu waktu pulang yang sudah ditentukan.

“Kebijakan dari kami sampai saat ini belum ada, tetapi beberapa sekolah sudah ada menerapkan absen seperti itu (sidik jari). Kami berencana menganggarkan di tahun depan,” jelas sumber-red.

“Sebenarnya harus dilakukan lebih cepat. Selain untuk mempermudah melakukan pendataan, juga untuk menjadikan guru disiplin, tidak hanya datang saat mengajar, apalagi sering izin dengan berbagai alasan, dan Sesungguhnya absen merupakan alat kontrol, yang terpenting kan hati nurani atau integritasnya para guru yang bersangkutan,” ucapnya. Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *