Banjir Bandang Hantam Desa Gardu, Tiga Rumah Rusak

oleh

Banjir Bandang Hantam Desa Gardu, Tiga Rumah Rusak

SUBANG, (PERAKNEW).– Warga Desa Gardusayang Kecamatan Cisalak, Koko, menuturkan, kronologi terjadinya peristiwa banjir bandang dan longsor yang melanda Kampung Pasir Jambe RT 03/01.

Menurutnya, sebelum peristiwa terjadi, wilayah tersebut didera hujan lebat sejak sore hari. Diduga, kondisi tanah tebing yang labil, gembur dan retak-retak dampak musim kemarau, tidak kuat diguyur hujan, sehingga berakibat longsor.

Longsoran tanah dari tebing ini, beber dia, diduga menutup aliran sungai yang berfungsi sebagai irigasi sawah yang terletak di bawah tebing. Akibatnya, aliran air jadi terbendung, lalu jebol dan meluap menjadi banjir bandang.

Luapan banjir lalu menghantam tebing dibawahnya, dan merusak tiga rumah warga, yang lokasinya di bawah tebing tersebut.

“Ketiga rumah ini posisinya berdempetan, jaraknya cukup terpencil dari perkampungan, sekitar 300 meter dari Pasir Jambe. Lokasi tiga rumah ini memang rawan, karena di atasnya ada dua tebing, yang kondisi tanahnya retak-retak dampak kemarau. Mungkin, waktu tebing pertama longsor akibat guyuran hujan, itu tanahnya langsung menutup sungai irigasi, lalu airnya meluap jadi banjir besar ke tebing kedua, yang dibawahnya ada tiga rumah,”tutur Koko.Akibat hantaman banjir yang bercampur longsoran tanah ini, satu rumah mengalami rusak total, satu rusak berat, dan satu lagi rusak ringan.

Bahkan, selain rumah, banjir juga merusak areal pesawahan di wilayah terdampak. Namun, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. “Korban jiwa enggak ada. Tapi kalau kerugian fisik ada, cuma saya kurang tahu jumlahnya,”ucapnya.

Koko menuturkan, aparat Polsek dan Camat Cisalak beserta jajarannya dibantu TNI, sudah berada di lokasi bencana, untuk melakukan evakuasi serta penanganan para korban.

“Kejadiannya cukup cepat. Bahkan beberapa penghuni rumah sedang beribadah salat ketika terjadi peristiwa itu, beruntung mereka keburu keluar rumah untuk menyelamatkan diri,”paparnya.

Sebelumnya diberitakan, bencana banjir bandang dan tanah longsor melanda wilayah Kampung Pasir Jambe RT 03/01 Desa Gardusayang Kecamatan Cisalak, Selasa petang (26/9/2017) sekitar pukul 18.30 WIB.

Peristiwa bencana yang diduga diakibatkan guyuran hujan sangat lebat yang berlangsung di wilayah itu, menyebabkan tiga rumah rusak. Yakni, milik keluarga Ujang Dedi/Imas berikut 2 anak dan 2 cucu mereka; keluarga Edi/Imas bersama 2 anaknya; serta keluarga Endang/Neng. Saat ini, para korban mengungsi di rumah saudaranya.

(Adih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *