Bangun Jembatan dan Jalan, Pemkab Situbondo Anggarkan Rp100 Miliar

oleh


SITUBONDO-JATIM, (PERAK NEW).- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PU-PR) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menargetkan pembangunan infrastruktur jalan kabupaten setempat pada tahun anggaran 2017 sepanjang 70-80 kilometer.

“Sesuai program kerja tahun ini anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Situbondo dan APBD Provinsi Jatim serta APBN untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sekitar Rp100 miliar,” ujar Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemerintah Kabupaten Situbondo, Gatot Siswoyo di Situbondo. Selasa, (24/1).

Ia mengatakan, dana Rp100 miliar itu nantinya akan dipergunakan membangun infrastruktur jalan dan jembatan yang tersebar di 17 kecamatan di Kota Santri itu. Dari 17 kecamatan, kata dia, nantinya akan dilakukan pengecekan kondisi jalan kabupaten menuju desa-desa yang perlu atau segera diperbaiki.

Dari anggaran tersebut tentunya tidak seluruhnya akan dibangun jalan baru (pengaspalan) karena di daerah perkotaan juga infrastruktur jalan butuh perbaikan. Yang pasti untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan baik perawatan di desa-desa dilakukan secara bertahap setiap tahun dan menyesuaikan anggaran yang ada tahun ini,” ungkapnya.

Menurut Gatot, anggaran 2017 untuk pembangunan infrastruktur jalan serta jembatan menurun dibandingkan tahun anggaran 2016, yakni pada tahun lalu anggarannya sekitar Rp130 miliar sedangkan tahun ini Rp100 miliar.

Menurunnya anggaran 2017, lanjut dia, salah satunya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) atau sumber dananya dari APBN dikupas hingga dua kali lipat, yaitu DAK pada 2016 Pemkab Situbondo mendapatkan sekitar Rp60 miliar dan pada 2017 sekitar Rp20 miliar.

“Pembangunan infrastruktur jalan tahun lalu mencapai 110 kilometer karena anggarannya lebih besar dibanding tahun ini. Kami melakukan pembangunan jembatan maupun jalan disesuaikan dengan anggaran yang ada,” tuturnya. Leo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *