oleh

Ajang Silaturahmi/Diskusi, KITRA Dirikan Posko di Pantura

PANTURA-SUBANG, (PERAKNEW).-Sekumpulan Tokoh muda asal Pantura- Subang, yang tergabung dalam Koalisi Untuk Kesejahteraan TNI-POLRI (KITRA), mendirikan Posko yang beralamat di Dusun Cijengkol, Desa Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang.

Pajar Riskomar, S.IP., Koordinator KITRA menuturkan, “Alasan didirikannya posko ini, sebagai wadah menampung aspirasi, silaturahmi dan sekaligus sebagai ajang diskusi. KITRA mendorong Pemerintah pusat untuk menaikkan gaji TNI-POLRI menjadi Rp 50.000.000/bulan,” ujar Pajar.

Apabila melihat tugas yang diemban oleh TNI-POLRI sangat berat, TNI menjaga pertahanan, keamanan dan kedaulatan Negara, POLRI menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

Ditambahkannya, demi mengemban tugas tersebut, Anggota (TNI-POLRI) seringkali mengorbankan aspek psikologis dan sosiologis. Misalnya harus meninggalkan keluarga, guna memenuhi kewajiban dan tanggungjawab, “Sebagai Aparatur Negara, mereka mengenyampingkan kepentingan pribadi dan keluarga. Bahkan rela berkorban nyawa demi tugas,” tuturnya.

Lebih lanjut Pajar mengatakan, dengan tugas dan beban berat yang mereka pikul, Pemerintah sudah sepantasnya memperhatikan kesejahteraannya dengan menaikkan gaji. Agar tanggungjawab dan beban tersebut berbanding lurus/berkesesuaian, “Minimnya gaji yang diterima anggota TNI-POLRI menjadi sumber hancurnya etos kerja dan loyalitas pelayanan, yang mengakibatkan munculnya stigma negatif terhadap TNI-POLRI. Pemerintah menjadi aktor yang bertanggung jawab atas pergeseran nilai tersebut,” tegasnya.,

Dilanjutkannya ,secara kultural telah memporak porandakan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara yang berKetuhanan, berperikemanusiaan, beradab satu-kesatuan yang dipimpin oleh hikmat, kebijaksanaan yang berkeadilan sosial.

Kesenjangan sosial membuktikan jika negara mengabaikan tujuan pembangunan nasional. Kalau hal ini dibiarkan berlarut-larut dan pemerintah tidak cepat tanggap, “Kami khawatir menimbulkan reaksi inkonstitusional sebagai aparatur negara.  Kesejahteraan TNI-POLRI adalah point penting dalam mewujudkan kemandirian, sehingga meningkatkan idealisme dan loyalitas kepada Bangsa dan Negara,  dalam mensekaligus profesionalitas menjalankan tugas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Pajar kepada Perak, Sabtu (27/06/2020), didampingi oleh Tatan Rustandi dan Sandi, selaku Sekretaris dan relawan KITRA Kabupaten Subang. (Hamid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya