56.228 Siswa SMA/SMK di Bali Ikut UN
DENPASAR-BALI, (PERAK NEW).- Pelaksanaan ujian nasional (UN) di Provinsi Bali diikuti sebanyak 56.228 siswa, mereka terdiri dari 26.710 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), 27.079 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 31 siswa SMA Luar Biasa, 1.113 siswa Madrasah Aliyah (MA), dan 1.295 siswa Paket C.
“Dari jumlah tersebut, ada sekitar 198 sekolah mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga (Disdikpora) Provinsi Bali, Tjokorda Istri Agung (TIA) Kusuma Wardhani, Senin (10/4) di ruang kerjanya.

Jumlah sekolah yang mengikuti UNBK tersebut terdiri dari 63 SMA, 110 SMK, delapan MA, dan 17 sekolah Paket C. Kusuma Wardhani mengatakan rincian jumlah siswa masing-masingnya adalah 13.630 siswa SMA, 19.301 siswa SMK, 725 siswa MA, dan 717 siswa Paket C.

Kusuma Wardhani mengatakan pelaksanaan ujian nasional kali ini memang tidak menentukan kelulusan. Akan tetapi, pelaksanaannya tetap harus berintegritas karena ujian nasional penting untuk memantau kesuksesan proses pembelajaran di sekolah.

Terkait pengawas, kita terapkan sejumlah aturan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Siapapun, termasuk pejabat dari pusat atau daerah tidak boleh masuk ke dalam ruang ujian.

“Mereka hanya diperkenankan memantau dari luar ruangan, dan pihak yang berhak masuk adalah guru pengawas yang bertanggung jawab di ruang kelas,” imbuhnya. Tim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here