oleh

Pemdes Kudadepa Gelar Musrenbang Th 2020

TASIKMALAYA, (PERAKNEW).- Pemerintah Desa (Pemdes) Kudadepa menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), bertempat di Gedung Olahraga Desa Kudadepa, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (12/10/2019).

Dalam pelaksanaan Musrenbang tersebut, dihadiri oleh Camat Sukahening, Aa Khoerudin, S.I.P., Pendamping Desa Kec. Sukahening, Asep Hersan, Kepala Desa Kudadepa, Yeni Nurmala, Perangkat desa, LPM, BPD, Kader Pos yandu, PKK, RW, RT, Tokoh agama dan Masyarakat.

Pendamping Desa, Asep Hersan ditemui usai menghadiri pelaksanaan Musrenbang itu, menyampaikan kepada Perak, sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh kepala desa yang berkaitan, mengenai terobosan-terobosan dan Kepala Desa Kudadepa berani mengambil keputusan dangan adanya pemerataan dana untuk setiap RT, “Dana pemerataan tersebut, merupakan aspirasi dari setiap RT untuk kebutuhan pembangunan dan dijadikan sekala prioritas oleh Pemerintah desa,” kata Asep.

Menurut Asep, “Hal ini menjadi sebuah terobosan baru menurut kami, dengan adanya dana pemerataan yang akan dikelola oleh RT dengan anggaran sebesar Rp10 Juta/RT. Musrenbangdes tahun 2020 ini, direncanakan sebagaimana peraturan pemerintah, yaitu Pembangunan desa dan Pemberdayaan masyarakat desa, dalam hal ini kepala desa tidak hanya fokus dibidang pemberdayaan masyarakat desa saja, namun disisi pembangunan desa pun dijalankan,” ujarnya.

Lanjutnya, “Berharap apa yang menjadi skala prioritas itu, dapat terlaksana dan dilaksanakan bersama-sama, tentunya juga partisipasi dari masyarakatnya itu sendiri, agar terlibat langsung untuk mengawal juga melaksanakan hak hasil dari Musrenbang ini,” pungkas Asep.

Selain itu, Ketua BPD Kudadepa, Iin Waski’ah S.Pd.I., mengatakan, “Musrenbang ini dilaksanakan setelah sebelumnya melaksanakan Musyawarah ditingkat Kedusunan (Musdus) terlebih dahulu, untuk menampung aspirasi masyarakat, apa saja yang menjadi skala prioritas pembangunannya. Hasil dari musyawarah ditingkat Kedusunan, hari ini dibawa ke Musyawarah Rencana Pembangunan Desa dan mudah-mudahan dengan adanya Musrenbangdes Kudadepa, jadi lebih maju di segala bidang, yaitu seperti Pos Yandu, PKK, baik bangunan jalanya juga bisa dinikmati oleh masyarakat Desa Kudadepa,” terangnya berharap.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Kudadepa, Yeni Nurmala, bahwa harapannya kedepan, untuk pelaksanaan pembangunannya nanti, lebih terencana dan memang itu hasil dari musyawarah bisa dipertanggunjawabkan oleh semua, terutama warga seluruh pemangku kepentingan yang memang hadir di dalam musyawarah ini, “Sebelumnya, musyawarah Kedusunan diadakan terlebih dahulu, di tiap-tiap RT untuk menentukan hasil kesepakatan Rp10 Juta per RT untuk dana pemerataan yang rencananya itu dari Dana Desa,” ucapnya.

Lanjut Yeni, dana pemerataan tersebut, nanti dilihat dari hasil musyawarah kebutuhan apa yang memang dibutuhkan oleh masing-masing ke RTan, ada yang dibidang pembangunan dan ada juga yang dibidang pemberdayaan, “Harapan, kedepan ditahun 2020, kita bisa menampung seluruh aspirasi terutama seluruh warga masyarakat ditiap-tiap RT dan mudah-mudahan bisa terealisasi aspirasinya, tadi sudah disepakati,” tuturnya. (Fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya