oleh

Vita Oktaviani Sabet Juara 2 Duta Baca Jabar 2023

PERAKNEW.com – Pemuda dan pemudi kota Indramayu kembali ukir prestasi yang membanggakan dalam Pemilihan Duta Baca tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Salah satunya Vita Oktaviani mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP NU Indramayu sukses menjadi Juara 2 Putri Pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2023 setelah melewati fase penyisihan yang dilangsungkan, di Aula Dispusipda Provinsi Jawa Barat, Selasa malam (14/3/2023).

Vita Oktaviani yang merupakan warga Desa Karangasem, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu harus puas menduduki Juara 2 Putri Pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2023 setalah melewati fase penyisihan 52 finalis dari 26 kabupaten/kota se-Jawa Barat, masuk Top 30, Top 10 dan sesi tanya jawab dari dewan juri.

Baca Juga : Disdikbud Indramayu Peringati Hari Bahasa Ibu Internasional

Sementara untuk Juara 1 Putri Duta Baca Jawa Barat diraih Aminatus Sholihah dari Kabupaten Cirebon dan Juara 3 Putri diraih Syifa Susilawati dari Kabupaten Garut. Adapun Juara 1 Putra Duta Jawa Barat diraih Miftah Fadilah dari Kabupaten Ciamis, Juara 2 Putra diraih M. Wildan Nur Saputra dari Kabupaten Pengandaran dan Juara 3 diraih Raflin M. Pasha dari Kabupaten Sumedang.

Keberadaan peserta yang sukses menjuarai Pemilihan Duta Baca Jawa Barat Tahun 2023 dituntut untuk mensosialisasikan Gerakan Literasi Sekolah terutama bagi siswa. Program yang juga dicanangkan pemerintah agar peserta didik terbiasa membaca dan menulis.

Terlebih pada zaman yang serba digital ini cukup sulit menemukan siswa di sekolah menengah yang masih berminat untuk melakukan kegiatan membaca dan menulis atau literasi serta diharapkan pengembangan literasi ini bisa terus berkembang ke depannya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana mengapresiasi, capaian terbaik Vita Oktaviani yang sukses menjadi Juara 2 Putri Duta Baca Jawa Barat 2023. Hal ini secara langsung turut berkontribusi mengharumkan nama baik Kota Mangga di Tingkat Jawa Barat, “Alhamdulillah ini merupakan kebanggan bagi kami karena Vita Oktaviani mampu mengharumkan nama daerah Indramayu pada event Pemilihan Duta Baca Jawa Barat Tahun 2023,” katanya.

Baca Juga : DPRD Indramayu Terima Audensi Nasabah BPR Karya Remaja

Kebanggan tersendiri bagi Aan Hendrajana, manakala melihat kemampuan Vita Oktaviani menyampaikan jawaban program Bupati Indramayu, Nina Agustina terkait pertanyaan yang dilontarkan dewan juri, “Vita Oktaviani dengan kemampuan public speaking menyampaikan program Bupati Indramayu, Nina Agustina yang berkaitan dengan gerakan literasi di Kabupaten Indramayu,” tukasnya. (Lukman/Sono)

Berita Lainnya