oleh

Tentang PPKM, Pemdes Sukamandijaya Gelar Sosialisasi Pendirian Posko Penanggulangan Covid-19 dan Fungsinya

CIASEM-SUBANG, (PERAKNEW).- Berdasarkan surat yang dilayangkan oleh Camat Ciasem, H Toni, Nomor 141/1/31/Pem/2021 tertanggal 19 Februari 2021, perihal Monitoring dan Rapat Koordinasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamandijaya mengadakan Rapat Sosialisasi tentang Penanggulangan Corona virus disease (Covid-19), di Aula Kantor Desa Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, pada Hari Jum’at, 26 Februari 2021.

Adapun yang dibahas dalam rapat tersebut, diantaranya mulai dari tata cara penanggulangan Covid-19, para Ketua Rukun Tetangga (RT) sebanyak 43 (empat puluh tiga) se-Desa Sukamandijaya diharuskan mendirikan Pos Komando (Posko) Satuan tugas (Satgas) di masing-masing wilayahnya, hingga membahas tentang peran pokok dan fungsi Posko-posko dimaksud.

Pada kesempatan itu, Penjabat sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) Sukamandijaya, H Heryana dalam sambutannya mengimbau kepada Tim Penanggulangan Covid-19 di desanya itu, “Kepada Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 desa yang sudah dibentuk ini, agar saling berkoordinasi untuk lebih ketat lagi dalam menjalankan PPKM dan semua Ketua RT harus mengadakan Posko-posko dimasing-masing wilayah RTnya, sehingga bisa lebih akurat dalam pelaporan-pelaporan tentang situasi dimasing-masing RT berkaitan dengan penanggulangan Covid-19 yang saat ini masih ada,” imbaunya.

Lanjut Heryana mengumumkan struktur organisasi Satgas Penanggulangan Covid-19 di desanya, “Adapun yang terlibat dan masuk dalam struktur Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 Desa Sukamandijaya, yaitu BPD, Kepala Dusun, Ketua RT, Ketua RW, PKK, Kader Posyandu, Linmas, Karang Taruna, Bidan Desa, Babinkamtibmas dan Babinsa,” jelasnya.

Sementara, Camat Ciasem, H Toni melalui perwakilan stafnya menyampaikan uraian zona Covid-19, “Yang disebut Zona Hijau adalah wilayah aman tidak ada warga yang positif terjangkit, Zona Kuning 1 sampai 5 orang positif, Zona Orange 5 sampai 10 orang positif dan Zona Merah ada 10 lebih yang positif,” ujarnya.

Disambung oleh Danramil Ciasem, Kapten Inf. R Herry menerangkan, “Ada empat poin peran dan fungsi Posko Penanggulangan Covid-19 ini, pertama Pencegahan, Penanganan, Pembinaan dan Pendukung dan yang harus diperhatikan, adalah 5 (lima) M yang tadinya 3 (tiga) sekarang tambah 2 (dua) jadi Lima M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi,” terangnya.

Lanjut Herry menyampaikasn, “Struktur Organisasi Satgas, meliputi Tim Pencegahan, Penanganan, Pembinaan dan Tim Pendukung. Mengenai pendirian posko-posko di setiap RT tersebut, wajib dan tidak ada alasan apapun, karena ini Instruksi Mendagri tentang pendirian Posko Satgas Penanggulangan Covid-19, karena ujung Tombak Pelaksana Posko, adalah Kadus, Ketua RT dan Ketua RW,” tegasnya.

Sementara itu, Babinkamtibmas Desa Sukamandijaya, AIPTU Tasli ynag mewakili Kapolsek Ciasem mengungkapkan, “Di Desa Sukamandijaya ini sudah ada 14 (empat belas) yang terpapar Covid-19, yaitu di Dusun Wesel, Cijengkol dan Karang Anyar Timur,” ungkapnya.

Diperjelas oleh Kepala UPTD Puskesmas Ciasem, H Sugiana, bahwa terkait PPKM di Wilayah Ciasem, “Tugas kita semua mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi PPKM dan menjalankan Lima M, karena di jalan-jalan banyak warga yang tidak taat protokol kesehatan,” ujarnya.

Sugiana menuturkan, “Untuk Desa Sukamandijaya, bilamana warganya ada yang Covid-19, biasa dokter rumah sakit instruksi ke Puskesmas dan Muspika hingga desa. Kami langsung melakukan vaksin dan tes Swab. Tentang vaksin, saat ini baru tenaga kesehatan saja, Insya Allah kedepan vaksin akan dilakukan untuk masyarakat, jangan takut, karena kami juga tidak ada gejala atau efek samping berat, paling lemas dan pegal. Kesimpulannya, vaksin ini aman,” ujarnya.

Selain dihadiri oleh Camat Ciasem yang mewakili, Kapolsek Ciasem diwakili oleh Bhabinkamtibmas Desa Sukamandijaya, AIPTU Tasli, Danramil Ciasem, Kapten Inf. R Herry Arfiantono, Kepala UPTD Puskesmas Ciasem, H Sugiana dan Kepala KUA Ciasem, acara ini juga dihadiri oleh seluruh Ketua RT, RW, Kadus, PKK, BPD, Linmas, Kader Posyandu, Bidan dan Karang Taruna Desa Sukamandijaya.(Cj-Dani)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya