oleh

Tak Ada Angkutan Umum, Murid SMPN Bulo Jalan Kaki Sejauh Beberapa KM Setiap Hari

POLMAN-SULBAR, (PERAKNEW).- Masih begitu nampak terlihat gigihnya puluhan siswa/siswi yang membuat terharu melihatnya menuntut ilmu, walaupun domisili mereka berada di pegunungan yang jauh dari kota.

Dimana, setiap hari, pada pukul 06.30 WIB, mereka harus berjalan kaki dari rumah yang beralamat, Desa Karombang, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menuju sekolahnya, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Bulo dengan jarak tempuh beberapa kilometer (KM) dari kampung ke sekolahnya tersebut. SMPN Bulo terletak di Desa Bulo dan tak jauh dari Kantor Kecamatan Bulo.

Jarak kiloan meter itu, tidak melemahkan semangatnya untuk bisa mengenyam pendidikan di bangku sekolahnya tersebut. Pasalnya, bahwa dijalur jalan yang dilalui anak-anak sekolah dimaksud, belum ada kendaraan umum.

Rabu, 27 November 2019, saat diwawancarai Perak, salah seorang siswi tersebut mengatakan, “Kami sudah lama seperti ini pak, jalan kaki, karena tidak ada fasilitas umum yang lewat disini,” ungkap Mainah.

Sama halnya diungkapkan siswi lainnya, “Kami, beberapa siswa/i mulai dari kelas satu, dua dan sampai kelas tiga masih berjalan begini, karena tidak ada mobil pete-pete yang bisa kami tumpangi, sebab jalan kami disini masih kategori pedalaman,” terang Nurmadinah.

Menanggapai hal itu, pihak sekolah memaklumi bila beberapa muridnya yang masih berjalan kaki ke sekolah bisa ada yang terlambat,”Ya, kami maklumi pak, karena akses jalan ke sekolah masih jauh pak, jadi kami maklumi jika masih ada yang terlambat dating ke sekolah,” tutur Isak.

Masih kata dia, “Perjuangan mereka luar biasa, tiga tahun jalan kaki, kami pihak sekolah hanya bisa membantu lewat beasiswa,” tutup Isak. (Subri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya