oleh

Serahkan Secara Langsung Bantuan Bagi Korban Puting Beliung, Kang Jimat Apresiasi Kekompakan Warga

PERAKNEW.com – Bupati Subang, H. Ruhimat hadir dan menyerahkan secara langsung Bantuan Renovasi Rumah dampak Bencana Puting Beliung, bertempat di Kantor Desa Banggalamulya Kalijati, Kamis (5/01/2023). Desa Banggalamulya mengalami bencana angin puting beliung pada Sabtu 17 Desember 2022 yang membuat beberapa rumah warga mengalami kerusakan yang cukup parah.

Yuli Merdekawati S.Sos, Camat Kalijati pada kesempatan tersebut melaporkan di Desa Banggalamulya terdapat 64 rumah warga yang terdampak dengan 9 diantaranya mengalami kerusakan berat dan berkat kekompakan warga dengan Muspika Kalijati masyarakat Desa Banggalamulya dapat melanjutkan aktivitas seperti biasa. “Ada 64 rumah yang terdampak dan 9 rusak berat. Warga Desa Banggalamulya dengan seluruh Muspika bersama-sama secara cepat melakukan penanggulangan. Pasca terjadi bencana, warga masyarakat bisa melanjutkan kehidupan seperti biasa,” ucap Yuli.

Yuli menghaturkan terima kasih atas kehadiran Kang Jimat dan menyebutnya sebagai bentuk kecintaan Kang Jimat pada masyarakat Desa Banggalamulya. “Terima kasih Kang Jimat masih menyempatkan hadir sebagai tanda kanyaah kadeudeuh, sanaos tebih oge dijugjug ku anjeuna,” ujarnya.

Baca Juga : Sinergitas Kuwu Desa Pranggong dengan Perangkatnya Ciptakan Rasa Nyaman Warga

Menutup laporannya, Yuli menambahkan saat ini sedang dilakukan renovasi jalan agar dapat mempermudah aktivitas masyarakat. “Dalam kesempatan ini sedang ada perbaikan jalan penghubung Banggalamulya dan Telagasari yang merupakan akses vital yang berdampak pada kehidupan masyarakat di 2 kecamatan,” jelanya.

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan secara langsung bantuan sebesar Rp.5.000.000,- dari Bank Subang oleh Kang Jimat kepada 9 korban bencana yang rumahnya rusak parah akibat puting beliung yang terjadi di Desa Banggalamulya pada Desember silam.

Dalam sambutannya Kang Jimat menghaturkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu warga Desa Banggalamulya dan berpesan agar warga tetap bersyukur di tengah musibah. “Terima kasih muspika kecamatan. Ngadenge kepala BPBD geus aya di lokasi. Terima kasih kepada BPBD beserta jajaran. Di tengah musibah kita tetap bersyukur bisa silaturahmi,” ucap Kang Jimat.

Kang Jimat menambahkan bantuan yang diberikan tidak besar karena keterbatasan Pemerintah Daerah sehingga Kang Jimat mengapresiasi seluruh warga Desa Banggalamulya yang telah bergotong-royong dalam menghadapi musibah puting beliung. “Ala kadarnya bantuan diberikan bagi yang parah. Kukituna nganuhunkeun ka Kuwu sadayana oge masyarakat nu geus gotong royong bantuan nu sejen nu teu kabagean. Lain teu hayang ngabantu tapi harus disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan daerah,” katanya.

Baca Juga : Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sadawarna, Bupati Nina Agustina Siap Tingkatkan Produksi Padi Indramayu

Kang Jimat menuturkan, ibarat kecelakaan bantuan yang diberikan Pemerintah adalah pertolongan pertama dengan harapan ke depan akan ada alokasi dana bantuan lagi bagi warga Desa Banggalamulya. “Kukituna terkait hal ini, ieu ibarat kecelakaan, luka atanapi kakadek, biasana sok neangan babadogan meh getihna saat. Jadi ieu mah anggap weh eta heula. Mudah-mudahan di depan ada bantuan deui nuju diusulkeun. Mudah-mudahan ti Dinas Sosial bisa ditambah deui,” harapnya.

Kang Jimat berharap tidak kejadian serupa tidak terjadi di wilayah manapun di Subang dan menekankan pentingnya bergotong-royong dalam menghadapi musibah. “Atas nama pemerintah daerah dan pribadi turut prihatin. Ngabuhunkeun ka warga sadayana nu geus rukun silih bantu silih rojong. Apresiasi ka masyarakat Desa Baggalamulya. Lain tibang nunggu bantuan, gotong-royong tos didandosan. Mudah-mudahan teu aya deui musibah. Wayahna guyubkeun masyarakat silih bantu. Bantuan nu ieu semoga bermanfaat,” terangnya.

Menutup sambutannya, Kang Jimat mengapresiasi Camat Kalijati yang menggiatkan pertemuan minggon dalam sebagai langkah meningkatkan sinergi antara Pemerintah Kecamatan dengan Pemerintah Desa demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Apresiasi kepada Bu Camat. Ini minggon gabungan. Semoga menjadi ajang silaturahmi antar Kepala Desa saling berbagi pengalaman. Jaga kekompakan. Ayo dinararaga mengayomi naon nu jadi kabutuh rakyat. Hayu babarengan ngarojong dinararaga ngajalankeun kahadean.” Tutup Kang Jimat.

Baca Juga : Assyifa Peduli Bersama DKM PT. Taekwang dan Follow Mie Santuni 125 Yatim Dhuafa

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dirut Bank Subang, Kalak BPBD Subang, Kadis Pertanian Subang, Kadinsos Subang, Kadis PUPR Subang, Camat Kalijati, dan tamu undangan lainnya. (Hum)

Berita Lainnya