oleh

Selamatkan Uang Negara 2,7 Triliun, Satgas Pemburu Mafia Tanah FMP Jabar Terima Penghargaan

PERAKNEW.com – Tim Satuan Tugas Pemburu Mafia Tanah LSM Forum Masyarakat Peduli Provinsi Jawa Barat (FMP Jabar) terima Piagam Penghargaan dari Ketua Umum (Ketum) FMP Jabar atas keberhasilannya dalam Menyelamatkan Kerugian Keuangan Negara senilai Rp 2,7 Triliun pada Kasus program Tanah Obyek Reformasi Agraria atau Tora Desa Patimban, Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang Tahun Anggaran 2021.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketum FMP Jabar Asep Sumarna Toha pada acara Milad FMP Jabar yang ke-19 tahun di Alun-Alun Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang, Sabtu 1 Juni 2024.

Berikut ini nama-nama Tim Satgas Pemburu Mafia Tanah FMP Jabar yang menerima penghargaan tersebut, yakni Hendra Sunjaya, Galang Novian Jalu, Jajang Irwansyah dan Nurmanta.

Baca Juga : Dandim Garut Optimistis Program TMMD Beri Dampak Positif untuk Masyarakat Pedesaan

Dalam kesempatan itu Ketum FMP Jabar Asep Sumarna Toha merasa bangga kepada Tim Satgas Pemburu Mafia Tanah yang juga merupakan para anggotanya yang sejak 2 tahun lalu telah berjuang secara gigih dan pantang menyerah memburu para Mafia Tanah Patimban tersebut, hingga saat ini berhasil menyelamatkan kerugian negaranya yang mencapai Rp 2,7 Triliun ini.

Abah Betmen sapaan akrab Ketum FMP Jabar ini juga menjelaskan, bahwa berkat perjuangan Tim Satgas Pemburu Mafia Tanah FMP Jabar tersebut, Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Jawa Barat secara resmi telah menerbitkan Surat Keputusan penghapusan dan atau pembatalan sertifikat tanah Tora 2021 di Desa Patimban itu sebanyak 500 bidang atau seluas 900 hektar, karena terbukti dalam pelaksanaannya sarat dengan pencurian dan pemalsuan data para penerima manfaatnya oleh para mafia tanah dan para oknum pejabat ATR/BPN Subang.

Abah Betmen mengungkapkan, obyek lahan Program TORA 2021 yang merupakan program hibah Presiden Joko Widodo khusus untuk masyarakat Desa Patimban tersebut, faktanya dikuasai oleh para mafia tanah.

Selain itu, berdasarkan hasil investigasi FMP Jabar di lapangan, bahwa ditemukan ada 307 bidang program TORA ini adalah Laut.

Baca Juga : Selamatkan Uang Negara Rp1,5 Miliyar, Ketum FMP Jabar Dapat Penghargaan Dari Polda Jabar

Menyikapi hal ini, Abah Betmen menegaskan, bahwa dirinya bersama para anggotanya yakni Tim Satgas Pemburu Mafia Tanah tersebut akan terus–terusan mendorong Kejaksaan Agung Republik Indonesia untuk menuntaskan Kasus Mafia Tanah Patimban ini di ranah hukum pidananya dan tidak akan berhenti untuk melakukan aksi unjuk rasa di Kejaksaan Agung Republik Indonesia tersebut hingga hukum pidananya ditegakan. (Hendra)

Berita Lainnya