oleh

PPDB Kota Cimahi 2021 Dimulai 1 Juli

CIMAHI, (PERAKNEW).- Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Cimahi bakal dibuka pada awal Juli 2021.

Tepatnya, PPDB dari tingkat TK, SD, dan SMP dimulai dari tanggal 1-17 Juli 2021 mendatang.

banner 728x90

Sedangkan, pendaftaran PAUD baru akan dimulai dari tanggal 5-10 Juli dengan menggunakan satu jalur, “Untuk PPDB itu, pendaftarannya melalui online. Saya minta mereka masing-masing membuat Google Forms biar orang tua me-upload dokumen itu lewat Google Form,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Cimahi, Harjono,  Selasa (29/6).

Harjono menjelaskan, bagi pendaftar SD dan SMP bakal menggunakan kuota perbatasan. Rinciannya, 10 persen untuk SD dan 10 persen untuk SMP. Mereka diminta juga untuk melakukan pendaftaran melalui online, “Kalau aplikasinya itu, sebetulnya menggunakan aplikasi PPDB online oleh operator sekolah. Tapi itu untuk sekolah Cimahi,” terangnya.

Harjono menyebutkan, untuk sekolah dari luar Kota Cimahi data pendaftarannya tidak terlihat dan operator pun tidak memberikan username dan password, “Jadi untuk SD ada tiga jalur. Jalur afirmasi, jalur zonasi, dan jalur perpindahan orangtua. Kalau untuk SMP jalur afirmasi dan prestasi, jalur zonasi, dan juga jalur perpindahan orangtua. Dan untuk semua jenjang dibuka namanya sekolah perbatasan,” jelasnya.

Pihaknya mengatakan, ada kuota khusus untuk orang luar daerah Kota Cimahi yang ingin mendaftar sekolah di Kota Cimahi. Karena posisinya berada di perbatasan, “Misalnya, orang Bandung itu boleh daftar ke SMPN 4 Cimahi tapi ke SMPN 1 Cimahi gak boleh karena dibutuhkan untuk Cimahi. Kecuali, pindah jalur orang tuanya atau jalur prestasi,” ujarnya. (Arifin)

 

Berita Lainnya