Pemkab Subang Gelar Apel Peringati HUT Satpol PP, Linmas Dan Otda
SUBANG, (PERAKNEW).- Dalam memperingati hari ulang tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-67 dan Satuan Perlindingan Masyarakat ke-55 tingkat Kabupaten Subang serta Peringatan hari Otonomi Daerah ke-21 tingkat Kabupaten Subang tahun 2017. Dilaksanakan upacara peringatan kegiatan tersebut di Halaman Kantor Bupati Subang, Jum’at (28/04/17).

Selaku Inspektur upacara Plt. Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih, SE dan Komandan Upacara Indri Tandia, S.STP, M.Si serta berkenan hadir  Muspida Subang, Sekretaris Daerah Subang, Asda I, II, III, staf ahli, Kepala OPD se-Kabupaten Subang, Camat se-Kabupaten Subang dengan peserta upacara  dari unsur TNI, unsur Polri, unsur Satpol PP se-Kabupaten Subang, Dishub, Damkar, ASN dan Perwakilan OPD.

Amanat inspektur upacara membacakan sambutan Menteri  Dalam Negeri  pada peringatan HUT Satpol PP ke-67 dan Satlinmas ke-55 serta peringatan hari Otda ke-21 yg di sampaikan oleh Plt. Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih, diawali dengan  apresiasi yang tinggi disampaikan kepada Satpol PP dan Linmas dimana sebagai garda terdepan di wilayah masing-masing sudah menjalankan pelayanan terhadap masyarakat. Peningkatan Satpol PP dan Linmas di masyarakat dalam menjaga keamanan, ketentraman, dan sebagai pelayanan masyarakat.

Tema HUT Satpol PP ke-67 tahun 2017, “Peningkatan peran Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam menjaga kemajemukan masyarakat di daerah.”

Satpol PP yang didukung oleh kekuatan Satuan Linmas harusnya dimanfaatkan secara optimal. Dengan mendorong keterlibatan satpol PP dalam komunitas intelejen daerah agar informasi dapat direspon secara cepat dan tepat mengingat Satpol PP dan Satuan Linmas merupakan salah satu komponen yang sehari-hari bersinggungan langsung dengan masyarakat. Apresiasi setinggi-tingginya diberikan kepada seluruh pihak terutama Satpol PP yang selalu berpatroli, melalukan pengamanan dan juga membantu penertiban, serta siap siaga menjaga ketentraman dan ketertiban umum dengan sukarela.

Kedepannya semoga kondisi kondusif dapat terus terbina dengan sinergi yang baik antar penyelenggara pemerintahan dan partisipasi masyarakat yang aktif untuk mewujudkan harmonisasi yang indah bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ada 5 hal yang di tekankan dalam HUT Satpol PP, 1. Selalu bangga dan menjungjung tinggi kehormatn Satpol PP sebagai bentuk pengabdian, 2. Memberikan pelayanan yang cepat dan tepat atas ancaman, gangguan, halangan dan tantangan terkait ketentraman dan ketertiban, 3. Membuka ruang dialog pada masyarakat atas kebijakan yg di ambil, 4. Selalu peka terhadap perubahan sosial yang terjadi, serta  5. Tingkatkan jejaring kerja baik dengan sesama Satpol PP maupun unsur lain yang mendukung tugas dan fungsi di lapangan.

Selain itu Plt. Bupati Subang Dalam memperingati hari otonomi daerah menyampaikan bahwa hari dimana momentum untuk evaluasi perkembangan kinerja pelaksana otonomi daerah pada masing-masing daerah otonom. Setiap Pemerintah Daerah harus senantiasa berupaya untuk meningkatkan kinerja yang telah dicapai, seraya mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanaan otonomi daerah. Dalam pelaksanaan Otda, Pemerintah daerah harus senantiasa fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing perekonomian daerah. Inilah tujuan utama Otda yang harus menjadi prioritas kebijakan daerah.

Tema hari Otonomi Daerah ke 21 tahun 2017 adalah “ Dengan semangat Otonomi Daerah, kita tingkatkan kinerja pelayanan publik melalui e-government” yang memiliki makna pokok pelaksanaan OTDA harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat, upaya peningkatan kinerja pelayanan publik harus dikelola berbasis teknologi informasi dan komunikasi, ketepatan penyediaan pelayanan publik berbasis electronic-government membutuhkan kemampuan dan integritas yang tinggi dari setiap aparatur Pemerintah Daerah , dan upaya peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis electronic-government akan dapat mewujudkan tata kelola Pemda yang baik dan aparatur Pemerintah Daerah yang bersih. Hum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here