Pembukaan RPP, KPUD Kab. Subang Siap Sukseskan Pemilu 2018-2019
SUBANG, (PERAK NEW).- Dengan ditandainya pengguntingan pita, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Subang,  secara perdana resmi membuka Rumah Pintar Pemilu (RPP) dan KPUD bersamaan dengan itu juga mensosialisasi Pemilu serentak 2018-2019 mendatang kepada Pemilih Pemula, Selasa (11/4), di halaman KPUD Subang,  Jalan Veteran,  Sukamelang,  Subang.

Peresmian dilakukan langsung oleh Plt Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih. SE didampingi Komisioner KPUD Provinsi Jawa Barat Agus dan Ketua KPUD Maman Suparman.

Setelah itu , dilakukan penandatanganan MOU antara KPUD Subang dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Kementrian Agama untuk kerjasama meningkatkan angka partisifasi pemilih pemula dari kalangan pelajar pada Pilkada,   Pileg  dan Pilpres.
Imas pun langsung melakukan peninjauan simulasi kondisi pada saat pemilihan umum.

Sebelumnya juga ditampilkan  kesenian angklung dari SD Bhaskara dan Sisingaan dari Siswa SD Manasuka.
Ketua KPUD Kabupaten Subang Maman mengatakan,  Program Rumah Pintar Pemilu (RPP) adalah merupakan program Nasional untuk meningkatkan partisifasi masyarakat tentang pemilu.

Harapannya,  melalui RPP bisa mencerdaskan pemilih pemula dan mengajak mereka untuk ikut andil dalam memeberikan hak pilihnya nanti.
“Terutama tujuannya RPP ini yaitu untuk mengenalkan kepada pemilih pemula terkait masalah kepemiluan. Sehingga diberikan simulasi pemilihan dalam rangka mengedukasi juga mereka,  ” kata Maman kepada awak media di sela-sela acara louncing RPP Selasa (11/4).

Sementara Plt Bupati Subang Imas berharap, melalui RPP dan sosialisasi Pemilu kepada pemilih pemula, yang dilaksanakan  KPUD Kabupaten Subang ini bisa meningkatkan angka pemilih pada Pemilu yang akan datang.

“Dengan adanya RPP ini,  terutama adanya Penandatanganan Kerjasama KPUD, Disdikbud  dan Kementrian Agama Subang bisa meningkatkan minat pemilih pemula pada pesta demokrasi selanjutnya,” kata Imas. Jumlah pemilih kata Imas,  harus lebih dari Pemilukada tahun sebelumnya yang mencapai angka 69 % dan Pilpres 73 %.

“Kami berharap RPP dapat bermanfaat bagi masyarakat Subang pada saat Pilkada, Pileg,  dan Pilpres. Karena RPP ini sangatlah bermanfaat bertujuan untuk mensosialisasikan tentang kepemiluan di Kabupaten Subang agar menarik minat masyarakat Subang untuk menyampaikan hak-haknya untuk memilih,” tandasnya.

Ditambahkan oleh Komisioner KPUD Prov. Jawa Barat Agus mengatakan, pihaknya mengpresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah daerah, KPUD Kab.  Subang dan masyarakat yg sudah bekerjasama dalam membangun RPP tersebut.

Pasalnya,  RPP merupakan program nasional yang didalamnya memperkenalkan bagaimana proses simulasi Pemilu kepada masyarakat supaya memberikan hak pilihnya yang benar.

“Kami berharap dengan adanya RPP di Kabupaten Subang, proses rangkaian pesta Demokrasi dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tandasnya. Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here