Pelapasan IPA Waribang Tahap II, Dir PDAM Denpasar; “IPA Atasi Defisit Penyediaan Air Minum,”

oleh
Bangunan IPA Waribang Tahap II

DENPASAR-BALI, (PERAKNEW).- Merupakan bentuk penyediaan air minum melalui pengolahan dan pendistribusian air untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat, pemerintah daerah dan pusat realisasikan pembanguanan Sistem Penyediaan Air Minum dan Instalasi Pengolahan Air (SPAM IPA) Waribang Tahap II. Kini pekerjaannya sudah rampung dan telah di pelaspas, Rabu (31/1), di kawasan Desa Kesiman Petilan, Kecamatan Denpasar Timur.

“SPAM IPA Waribang Tahap II direncanakan untuk memenuhi kebutuhan air di Wilayah Kota Denpasar yang terus meningkat, seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan perkembangan wilayah,” demikian disampaikan Direktur PDAM Kota Denpasar, I.B. Gede Arsana disela-sela kegiatan pemelaspasan IPA Waribang.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan rampungnya IPA Waribang tahap II ini, tidak terlepas dari bantuan pemerintah pusat, melalui Satker Pengembangan Kinerja Pengelolaan Air Minum Bali.

Pada tahun-tahun mendatang, keterbatasan kapasitas penyediaan air minum yang ada saat ini diperkirakan akan meningkatkan tekanan defisit pelayanan air minum di daerah tersebut dan sekitarnya. Oleh karena itu, diperlukan terobosan dan upaya ekstra untuk menutup defisit kapasitas dan meningkatkan kualitas pelayanan air minum dikawasan Kota Denpasar.

“Kedepan, kami berharap sinergitas dengan pemerintah pusat melalui Satker Bali bisa berlangsung secara berkesinambungan dan program-program kita bisa berjalan dengan baik sesuai dengan permintaan masyarakat, sehingga pencapain program bisa mencapai 100 persen,” kata Arsana.

Masih menurut dia, “IPA Waribang tahap II memanfaatkan sumber air permukaan dari Long Storage Ayung sebagai air baku untuk diolah menjadi air minum dan IPA Waribang ini akan ditunjang dengan bangunan penunjang fungsional reservoir dan bangunan kimia yang dilengkapi dengan sistem monitoring aperasional secara online dan terpusat (Scada System),” ujarnya.

Sementara, Kepala Satker Pengembangan SPAM Provinsi Bali, Didik Wahyudi mengatakan, IPA Waribang ini merupakan pembangaunan instalasi pengolahan air minum untuk wilayah Kota Denpasar, yang mana dikelola oleh PDAM Kota Denpasar.

IPA Waribang ini dibangun sejak tahun 2015 sampai 2016 dengan sistem multi year kontrak dan merupakan sinkronisasi pembiayaan antara pemerintah pusat melalui Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR bersama dengan Pemkot Denpasar.

Pemerintah pusat membangun instalasi produksinya, sementara Pemkot Denpasar membangun jaringan distribusi utama dari aliran Waribang ini sampai dengan jalan WR Supratman hingga jalan Veteran, “Harapan kami kedepan kerjasama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah bisa terus ditingkatkan, karena pelayanan air minum ini merupakan tugas bersama antar pemerintah. Sehingga  pelayanan air minum kepada masyarakat dapat lebih cepat tercapai,” papar Didik. (Yd/Hum)

                        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *