Pekerjaan Siluman Jalan Hotmix DD Sindangsari Diduga Menyimpang

oleh -176 views

CIKAUM-SUBANG, (PERAKNEW).- Masyarakat sudah mulai cerdas dan atau pahan tentang fungsi pengawasan nya terhadap segala hal program desa yang dibiayai Dana Desa (DD).
Seperti halnya pengawasan yang dilakukan oleh warga di Desa Sindangsari, Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang.

Sabtu (06/07/2019), warga desa tersebut mengungkapkan kepada Perak, bahwa pihaknya telah melakukan pengawasan atas pelaksanaan program pembangunan Jalan Hotmix DD
Sindangsari yang tidak jelas atau seperti siluman, lantaran di lokasi itu tidak nampak papan nama informasi pekerjaan, “Dengan tidak terpampangnya papan nama dilokasi proyek yang menjelaskan secara terbuka mengenai data pekerjaan proyek tersebut, ada kesan proyek hotmix jalan di Dusun Bongas, Desa Sindangsari ini tidak dilakukan secara terbuka, melainkan tertutup sehingga masyarakat sulit untuk melakukan pengawasan,” ungkap warga bernama Japra tersebut.

Seharusnya lanjut dia, papan nama itu terpasang, agar masyarakat bisa mengetahui besaran anggaran, volume pekerjaan termasuk sumber dana, “Mestinya pihak Pemdes memasang papan nama sebagai bentuk transparansi, sebab masyarakat berhak mengetahui. Walaupun pembangunan jalan ini diperuntukkan untuk masyarakat, akan tetapi proyek ini menggunakan anggaran dari negara yang notabene berasal dari keringat rakyat,” ujarnya.

Japra mengatakan, dengan tidak adanya papan nama yang pembuatannya sudah masuk dalan RAB,  “Kami menduga adanya main mata antara pendamping desa dengan pihak Pemdes, atas pengerjaan hotmix ini. Berdasarkan pantauan kami dilokasi, proyek hotmix jalan ini juga disinyalir banyak penyimpangan dan terkesan asal jadi. Tidak ada batu yang dipasang sebelumnya dan ketebalan hotmix pun sangat tipis,” ungkapnya.

Dia menandaskan, “Kami sebagai masyarakat tidak akan diam saja, bila pihak Pemdes diduga asal membangun saja tanpa memperhatikan kualitas sesuai yang tertuang di RAB,” tandas Japra. (Hamid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *