oleh

Kurangi Angka Pengangguran, Pemkot Cimahi Luncurkan SILIMA Pencari Kerja

CIMAHI, (PERAKNEW).- Masih banyaknya pengangguran menjadi suatu pekerjaan bagi Pemkot Cimahi. Angka terakhir menunjukan sekitar 17 Ribu lebih warga Cimahi menganggur. Mereka mencari kesempatan untuk bekerja.

Untuk mengurangi angka pengangguran tersebut, Pemkot Cimahi melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) membuat inovasi acara melamar pekerjaan dengan sistem digital.

Sistem berbasis daring itu, dinamakan Sistem Link and Match (SILIMA) yang bisa ditelusuri lewat silima.cimahikota.go.id. Sistem tersebut, dinilai lebih efektif dan hemat biaya bagi para pelamar pekerjaan. Kemudahan akan didapat dari sistem pencari kerja secara digital itu.

Seperti pendaftaran diri bagi pencari kerja, informasi lowongan, perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, Bursa Kerja Khusus (BKK), Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) hingga Pendidikan Tinggi (Dikti). Berdasarkan pantauan pada laman SILIMA, sudah tercantum 6 lowongan, 56 pencari kerja, 15 perusahaan terdaftar, 23 BKK, 52 LPK serta 9 Dikti yang bisa diakses masyarakat Kota Cimahi.

Kepala Disnakertrans Kota Cimahi, Hery Zaini menjelaskan, SILIMA merupakan platfom digital untuk mencari pekerjaan yang lebih mudah dan inovatif. Kemudahan didapat sebab dalam sistem itu sudah terdata perusahaan yang sedang membutuhkan pekerjaan, “Jadi fungsinya untuk memfasilitasi pencari kerja mendapatkan pekerjaannya sesuai bakat minat keterampilan dan pendidikan,” jelasnya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, belum lama ini.

Sistem tersebut, juga diklaim bisa membantu pengguna tenaga kerja atau perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja berkualitas, terampil dan profesional sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebab, dalam SILIMA data lengkap pencari kerja sudah terinput. Dengan sistem digital dimaksud, pihaknya meyakini bisa menurunkan angka pengangguran di Kota Cimahi, “Bisa mengurangi angka pengangguran memalui peningkatan penempatan kerja,” ujarnya.

Dalam sistem ini, juga pencari kerja bisa membuat  AK-1 atau kartu kuning yang sekarang memakai barcode. Melalui android dalam barcode tersebut, akan muncul CV (data pribadi), Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan pengalaman kerjanya, termasuk fotonya, “Tapi sistem ini khusus buat pencari kerja asal Cimahi. Para pencari kerja asal Cimahi bisa mencari lowongan di Cimahi dan perusahaan di daerah lainnya,” pungkasnya. (Harold)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya