oleh

Kompensasi Pembangunan Underpass Sriwijaya, Pemkot Cimahi  Lakukan Penanam Pohon

CIMAHI, (PERAKNEW).– Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi melakukan penanaman pohon sebagai kompensasi dari penebangan pohon yang terkena dampak pembangunan underpass Sriwijaya. Seremoni Penanaman pohon tersebut digelar pada Hari Kamis (30/12/2021) bertempat di taman perjuangan jalan HMS Mintareja Kelurahan Baros.

Penanaman pohon kompensasi dampak pembangunan underpass Sriwijaya dilakukan oleh Plt.Wali Kota Cimahi Letkol. Purn. Ngatiyana bersama Dandim 0609 Letkol. Inf. Hary Novana Andriyas, S.Sos. dan perwakilan unsur Forkopimda lainnya, perwakilan dari PT KAI dan PT. Nindya Karya selaku pelaksana pembangunan underpass Sriwijaya.

Sesuai dengan amanat Peraturan Wali Kota Cimahi Nomor 36 tahun 2021 tentang Tata Cara pemberian ijin penebangan pohon dan pemangkasan pohon di lahan Pemerintah Daerah Kota Cimahi maka pemerintah melalui dinas lingkungan hidup telah melakukan penanaman pohon kompensasi pembangunan underpass pada bulan Desember 2021.

Sebanyak ±1634 pohon telah ditanam di lahan aset Pemerintah Kota Cimahi seluas 1,18 ha di Bojong Jawa RW 21 Kelurahan Cipageran Kota Cimahi.

Jenis tanaman yang dipilih merupakan endemik jawa barat yaitu bungur, jacaranda, kihoe, rasamala, gandaria, jamuju, puspa dan saninten. rencana area ini akan ditetapkan sebagai RTH taman kehati Bojong Jawa.

Diharapkan menjadi suatu kawasan pencadangan sumber daya alam hayati lokal diluar kawasan hutan yang mempunyai fungsi konservasi insitu dan/atau exsitu khususnya bagi tumbuhan yang penyerbukan dan atau pemencaran bijinya harus dibantu oleh satwa, “Pada hari ini kita secara simbolis melakukan penanaman pohon di Jl. HMS Mintareja dimana disini ada 25 titik penanaman secara simbolis sebagai pengganti kompensasi daripada pohon yang ditebang akibat pembangunan underpass yang ada di depan RS. Dustira atau di Jl. Sriwijaya, Alhamdulillah pohon yang terkena pembangunan kurang lebih 78 pohon kita menanam kompensasi dari Pemerintah adalah sebanyak 1.634 pohon salah satunya lokasinya adalah di bojong jawa RW 21 Kelurahan Cipageran Cimahi Utara, ini sebagai kawasan yang ditanami untuk menahan tanah longsor,” tandas Ngatiyana. (Harold)

Facebook Comments

Berita Lainnya