oleh

Kebakaran Hebat Melanda Pabrik Arang, Butuh Waktu 4 Jam Melawan Si Jago Merah

-GARUT-126 views

GARUT, (PERAKNEW).- Sebuah pabrik arang milik warga, Abdullah (27) yang berlokasi di Kampung Selaawi, Desa Mekarsari, Kecamatan Cibatu terbakar hebat. Laporan kebakaran tersebut diterima secara langsung dari aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Cibatu pada pukul 12.35 WIB, Jumat (18/3/2022).

Menanggapi hal tersebut, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Wilayah I Limbangan langsung merespon cepat dengan menurunkan 1 unit kendaraan pancar. Melihat adanya api yang berkobar besar, tim meminta bantuan 3 unit kendaraan lain dari Markas Komando (Mako) Pos Leles dan Pos Malangbong.

Kebakaran Hebat Melanda Pabrik Arang, Butuh Waktu 4 Jam Melawan Si Jago Merah2

Dalam kejadian tersebut, area seluas 1,4 Ha terbakar hebat sehingga petugas berulang kali melakukan pengisian air ke tangki. Pemadaman api membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 4 jam, dikarenakan banyak bahan arang dan bahan baku kopra yang mudah memicu timbulnya bara api, sehingga api terus merambat.

Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai 1,5 Miliar Rupiah. Penyebab kebakaran diduga akibat adanya percikan api yang timbul dari mesin oven yang kemudian merambat ke bagian gudang penyimpanan bahan baku yang mudah terbakar.

Kebakaran Hebat Melanda Pabrik Arang, Butuh Waktu 4 Jam Melawan Si Jago Merah3

Selain tim dari UPT Disdamkar, penanganan ini dibantu oleh aparat Koramil, Polsek, Satpol PP, aparat Desa dan warga setempat.

Kepala Disdamkar Garut, Eded Komara Nugraha mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai faktor penyebab kebakaran, dikarenakan kebakaran tidak mengenal waktu dan tempat.

“Termasuk dalam kasus kebakaran ini dimana banyak bahan yang mudah terbakar, sehingga pemadaman memerlukan waktu hingga 4 jam lamanya. Pastikan segala komponen mesin dalam kondisi yang baik agar tidak memicu timbulnya penyebab kebakaran,” imbaunya. (Hum)

Facebook Comments

Berita Lainnya