oleh

Kang Hengky Resmikan Pasanggiri Pencak Silat DPD PPSI KBB

PERAKNEW.com – Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kang Hengky Kurniawan meresmikan Pasanggiri Pencak Silat DPD PPSI KBB yang diselenggarakan di Lapangan Plasa Mekarsari Ngamprah, Senin (10/07/2023).

Pada momen tersebut, Kang Hengky memberikan apresiasi serta penghargaan kepada para pesilat, seniman dan budayawan yang hingga saat ini bersama Pemda KBB terus berupaya melestarikan dan mengembangkan seni budaya di KBB.

“Pencak silat merupakan warisan budaya Indonesia yang dikagumi dunia dan tersebar diseluruh nusantara dan Jawa Barat adalah pusat terciptanya berbagai macam aliran dan jurus pencak silat, seperti Cimande, Cikalong, Madi, Kari, Sera Nampon dan lain sebagainya yang mayoritas diantaranya sudah dikuasai oleh sebagian besar paguron dan padepokan pencak silat yang ada di Kab. Bandung Barat,” katanya.

Kang Hengky menjelaskan, bahwa salah satu tujuan Pasanggiri ini adalah untuk melahirkan pesilat berkualitas yang handal, tangguh serta menguasai ilmu bela diri atau ijen dengan mengaplikasikan berbagai jurus andalan hasil latihan selama para pesilat belajar di paguron dan padepokan terutama seni ibingan dan tarian.

Melihat tingginya antusias masyarakat pada pasanggiri tersebut, Kang Hengky mengutarakan rasa bangganya karena ternyata masih banyak masyarakat KBB yang ingin dan peduli untuk melestarikan salah satu warisan budaya Indonesia ini.

Baca Juga : Bupati KBB Harapkan RSUD Miliki Sertifikasi Akreditasi Nasional

Sebagai informasi, Kang Hengky menyampaikan, “Pasanggiri pencak silat DPD PPSI KBB diikuti oleh 16 DPC PPSI Kecamatan se-KBB untuk memperebutkan piala Bupati Bandung Barat, serta dihadiri langsung oleh Bapak Pencak Silat Dunia, Mayjen TNI (Purn) Eddy Marzuki Nalapraya dan Ketua Umum DPW PPSI Jawa Barat, Galih Santika Fadilakusumah,” pungkasnya. (Rushendi)

Berita Lainnya