Kades Arogan, Lecehkan Wartawan dengan Menawarkan Sejumlah Uang

oleh

Kades Arogan, Lecehkan Wartawan dengan Menawarkan Sejumlah Uang

KBB, (PERAKNEW).- Kejadian tidak menyenangkan dilakukan oleh Burdah, Kepala Desa Cijambu, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kepada LSM dan wartawan.

Kejadian ini terjadi pada hari Kamis(27/07/2017) saat itu Perak dan LSM FMP melakukan kontrol ke Desa Cijambu untuk  konfirmasi mengenai anggaran  Dana Desa 2016 dan menanyakan papan proyek pelaksanaan perbaikan bagian dalam kantor desa tersebut, yang tak terlihat terpasang dilokasi.

Tanpa diduga Kades tersebut malah mengatakan, semua sudah beres pemeriksaan Inspektorat tidak ada masalah.

“Tuh, silahkan konfirmasi kesana dan anda LSM dan media tidak ada kewenangan  menanyakan dan mengaudit,” ucapnya.

Kades tersebut juga memberitahu banyaknya wartawan yang datang hanya minta uang.

“Banyak wartawan yang datang kesini, semua hanya minta uang dan memeras, jangan banyak bertele-lete mau minta uang berapa?” ujar kades tersebut.

Tentu saja perkataan ini membuat cekcok antara wartawan dan LSM dengan Burdah.

“Maaf pak Kades, kita tidak butuh uang, kita hanya menyanyakan data 2016, dan menanyakan papan anggaran rehab kantor desa ini,” ucap salah seorang anggota LSM.

“Bagus kalau tidak butuh uang,” jawab kades sambil ngeloyor pergi. Apa yang dilakukan oleh kades tentu saja bertentangan dengan dengan  UU NO 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) apalagi keterbukaan informasi dan trasparansi penggunaan Dana Desa sangatlah penting untuk menjaga atau mencegah potensi  penyimpangan anggaran. Masyarakat berhak tahu dan setiap anggran dana desa yang akan digunakan untuk pembangunan harus transparan biar bisa sama-sama mengawal dana tersebut.

(Ferry/ Rushendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *