SUBANG, (PERAKNEW).- Bupati Subang, Hj. Imas Aryumningsih serahkan bantuan sarana penangkapan ikan, sarana penelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), asuransi nelayan, sarana kendaran roda 6 berpendingin dan mesin es curah (ice flake machine) kepada beberapa KUD yang ada di Kecamatan Pusakanagara, Blanakan dan Legonkulon, Kab. Subang di Kampung Trumtum Desa Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Kab. Subang, Kamis (16/11/17).

Bantuan dari pemerintah melalui Dinas Perikanan Subang yang diserahkan oleh bupati tersebut, berupa kapal ikan  ukuran 3 GT sebanyak 6 unit, kapal ikan ukuran 5 GT sebanyak 1 unit, alat tangkap ikan ramah lingkungan sebanyak 300 pieces, sarana penanganan ikan diatas kapal (coolbox) sebanyak 90 buah, sarana penanganan ikan di TPI sebanyak 145 buah, klaim asuransi nelayan JASINDO sebesar Rp200.000.000,-, kendaraan roda 6 berpendingin sebanyak 1 unit dan mesin penghancur es (ice flake machine) sebanyak 4 unit.

Sambutan Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih, S.E., bahwa keberadaan nelayan merupakan pahlawan dalam peningkatan sumber daya ikan dimana sejalan dengan program pemerintah Subang, yaitu menggalangkan gemar makan ikan pada masyarakat dengan makan ikan harapannya masyarakat Subang menjadi sumber daya manusia yang cerdas dan bisa membangun Subang lebih maju.

Lanjut Imas, Dengan pembangunan Pelabuhan Pantimban menjadi Pelabuhan Internasional, semoga Subang kedepannya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Selain itu juga menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD)  Subang yang juga akan terbantu dalam peningkatan fasilitasi sarana dan pelayananan terhadap masyarakat lebih baik lagi.

Kesiapan masyarakat dengan adanya pelabuhan internasional harus juga di tunjang dengan  meningkatnya sumber daya manusia yang handal, untuk mendukung hal tersebut maka pemerintah Subang sudah di lakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan provinsi diadakanya sekolah jarak jauh dan tanpa biaya sudah dibangun sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan sekolah serta adanya pelatihan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi guna peningkatan kualitas sumber daya manusia yang handal dalam menghadapi perkembangan pembangunan di Kabupaten Subang.

Dengan di bangun pelabuhan Patimban harus adanya kesiapan masyaraknya dari pendantang maupun asing yang akan datang di wilayah Patimban dan tidak menutup kemungkinan tata ruang wilayah Patimban yang akan mengalami perubahan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kadis Perikanan Kabupaten Subang, Kepala Dinas DUKPP  Subang, Kadis Ketahanan Pangan, Camat Pusakanagara, Camat Legonkulon, Camat Blanakan, Muspika, anggota Pol Air, para ketua KUD, para nelayan dan masyarakat sekitar.

(Hum/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here