oleh

DPRD Metro Pinta Lurah Prioritaskan Program Kemajuan Ekonomi Rakyat

METRO-LAMPUNG, (PERAKNEW).- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro meminta kelurahan yang mendapatkan dana kelurahan, memprioritaskan program yang berkaitan langsung dengan peningkatan perekonomian masyarakat.

Ketua Komisi I DPRD Kota Metro, Basuki mengatakan, pihak kelurahan harus bisa memanfaatkan dana pembangunan tersebut, sesuai kebutuhan masyarakat, “Seperti kelurahan yang ada di Kecamatan Metro Timur. Kami berharap, semua skala prioritas yang diusulkan masyarakat bisa terealisasi. Salah satunya melalui anggaran kelurahan,” kata Basuki, Selasa (26/3/2019).

Menurut dia, besaran dana kelurahan yang akan dikucurkan pada tahun 2019 berkisar Rp352 juta per kelurahan, “Seperti misalnya anggaran kecamatan Rp5,8 miliar, pembangunan infrastruktur Rp10 miliar, sosial budaya Rp2 miliar dan ekonomi Rp5 miliar. Jadi total Rp23 miliar,” kata dia.

Dia juga mengingatkan aparat kelurahan mengelola dana pembangunan tersebut, seusai aturan yang mengacu pada Permendagri Nomor 130. Itu agar dana kelurahan bisa terserap dengan baik. Terutama untuk peningkatan perekonomian UKM perikanan atau peternakan. Terlebih ada bantuan modal dan pengurusan izin untuk omzet di bawah Rp50 juta bisa di tingkat kecamatan, “Kita (DPRD) juga telah mengusulkan sejumlah pembangunan gorong-gorong di Jalan ABRI dan Palaraya, termasuk perbaikan dan perawatan jalan di sejumlah lokasi lain,” pungkasnya. (Wanda)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya