oleh

Disparbud Jabar Gelar Pembinaan Desa Wisata 

TASIKMALAYA, (PERAKNEW).- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat melaui program Destinasi Pariwisata tahun anggaran 2019 menyelenggarakan kegiatan pembinaan Desa Wisata, bertempat di Bumi Ageung Dusun Balananjeur, Desa Pagersari, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (27/04/2019).

Dalam kegiatan tersebut, Disparbud Prov Jabar memberikan pemahaman tentang pengelolaan Desa Wisata dengan sasaran Kepala Desa pengelola Desa Wisata dan masyarakat dengan nara sumber, Plt Kabid Destinasi Pariwisata, Diparbud Jabar, Dra. Romlah dan Sekretaris H. Agus E Hanafiah, S.Sos.,M.A.P., serta Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kab. Tasikmalaya, Drs. H. Asep Saepul Bachri, M.Si., juga Dosen Stiepar Yapari Aktripa Bandung, Lia Afriza, S.E.,M.M.

Pembinaan di ikuti oleh sekitar 50 orang peserta, diantaranya Kepala Desa dan Ketua BUMDes Linggajati dan Sinagar, Kec. Sukaratu (Kawasan Wisata Gunung Galunggung), Desa Santanamekar dan Sukasetia, Kec. Cisayong (Desa Wisata Santanamekar penopang Kawasan Wisata Galunggung), Desa Sundakerta, Kec. Sukahening (Desa Wisata Cipatuh penopang Kawasan Wisata Galunggung), Desa Sukaraja, Kec. Rajapolah (Desa Wisata Kampung Kreatif Sukaruas), Desa Bojongsari Kec. Culamega, Desa Guranteng, Pagersari, Nangewer, Sukapada, Cipacing dan Bumi Ageung Desa Pagersari, Kec. Pagerageung, Desa Linggalaksana, Kec. Cikatomas, Desa Cibuniasih, Kec. Pancatengah, Desa Wisata Batu Mahpar, Kampung Naga, Kampung Kreatif Sukaruas, Amazing Media Wisata, Inovator Desa Wisata Santanamekar, Ketua PHRI Tasikmalaya, KWKT (Kuliner Tasikmalaya), Touring Camp, MTMA Tasikmalaya, KPI AID Kab. Tasikmalaya, MUI Kec. Pagerageung, Pimpinan Pondok Pesantren PKDT, Pesantren, Pimpinan Pondok Pesantren Suryalaya, Pasir Kerisik, Ketua Kelompok PKK, Paralayang, dan Kelompok Wajid Simadu juga Kabid Pariwisata Disporabudpar Tasikmalaya serta Camat Pagerageung.

Kabid Pariwisata dan Ekonomi kreatip Disparpora Tasikmalaya, Evi Hevi Nurjaya saat ditemui di sela-sela acara menyampaikan, “Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, Desa wisata khususnya yang berada di Tasikmalaya, desa- desa yang hadir pada acara ini bisa berkembang menjadi desa mandiri,” ucapnya.

Sementara, Andi Lala Moch Affandi, S.I.P., (Kepala Desa Sukaraja), Kec. Rajapolah menambahkan, bahwa dalam kegiatan ini para peserta melakukan panandatanganan kesepakatan untuk pengembangan Desa Wisata sebagai komitmen bersama untuk sungguh mengembangkan Desa Wisata katanya, “Saya berharap kegiatan tersebut, mampu memotivasi semua desa di Kabupaten Tasikmalaya terutama yang memiliki daya tarik wisata untuk mengembangkan potensi wisatanya, sehingga mampu mendatangkan pemgunjung yang banyak dan memberikan kontribusi bagi masyarakat dan desanya,” pungkasnya. (Fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya