oleh

Disnaker Cimahi Buka Lowongan Kerja ke Jepang

Cloud Hosting Indonesia

CIMAHI, (PERAKNEW).- Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi membuka peluang besar bagi warga yang berminat kerja di Negeri Sakura, Jepang. Saat ini negeri matahari terbit itu tengah membutuhkan jutaan tenaga kerja baru di berbagai bidang mulai dari industri manufaktur, sektor pertanian, hingga Kesehatan.

Kepala Seksi Pelatihan dan Produktifitas pada Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi, Sodikin mengatakan, “Ada 75-an macam pekerjaan. Paling banyak tenaga kesehatan, makanan, pertanian, industri juga ada,” katanya, Jumat 13 Agustus 2021.

banner 728x90

Dia mengklaim, Jepang merupakan salah satu negara yang sangat menginginkan tenaga kerja asal Indonesia untuk bekerja di sana. Selain tentunya ada negara Arab Saudi. Dengan begitu, peluang bekerjanya pun sangat lebar.

Namun, kata dia, tentunya untuk menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Jepang tentu saja harus melalui berbagai tahapan. Kebutuhan paling mendasar adalah bahasa yang harus dikuasai, “Di Jepang cukup besar, banyak hanya tinggal masyarakat mau atau tidak. Kita fasilitasi,” ucap Sodikin

Dia menyampaikan, sebagai bentuk fasilitas untuk mempermudah warga Kota Cimahi agar bisa bekerja di Jepang, pihaknya sudah memberikan pelatihan terhadap 100 orang selama empat bulan.

Mereka diberikan pelatihan dari mulai bahasa hingga kebiasaan di Negeri Sakura. Sehingga dengan modal ilmu dan keterampilan yang sudah didapat selama pelatihan, akan mempermudah mereka ketika berminat bekerja di Jepang, “Pelatihannya sudah beres. Mereka diberikan bekal dari mulai bahasa sampai kebiasan di sana,” ujar Sodikin

Renacananya, lanjut dia, akhir kan ini ada 10 orang hasil dari pelatihan yang akan mengikuti pra seleksi untuk dikirim ke Jepang, “Kita secara bertahap karena Jepang juga belum buka full (karena Covid-19). Kita tawarkan dulu. Nah nanti Sabtu ada 10 orang yang ikut pra seleksi,” ungkapnya. (Harold)

 

Berita Lainnya