Diduga, Perumahan Padalarang City View Ilegal Akibatkan Bencana

Diduga, Perumahan Padalarang City View Ilegal Akibatkan Bencana

KBB,(PERAK).- Bencana banjir merupakan momok yang menakutkan bagi masyarakat, diduga dengan adanya pembangunan Perumahan Padalarang City View di Kampung Babakan Loa, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat memperparah banjir di beberapa titik RW 25, 20, 06 dan 07 desa tersebut belum lama ini.

Atas kejadian itu, warga lingkungan terus mendesak pihak desa dan kecamatan setempat, serta dinas terkait di KBB, agar memperhatikan dampak lingkungan dan turun kelapangan untuk mengechek, sekaligus mengkaji ulang izin pembangunan City View tersebut.

Menyikapi permasalahan itu, Ketua RW 25 Cornelis menyatakan, “Masyarakat menunggu pihak dinas terkait datang kelokasi perumahan dan segera mencabut Izin Perumahan Padalarang City View, karena kami semua menolak perumahan tersebut dan jika aspirasi kami ini tidak ditanggapi, kami akan demo besar- besaran,” ungkapnya geram.

Saat dikonfirmasi mengenai izin tetangga, tanggapan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) KBB, Apung Hadiat Purwako mengatakan, “Izin tetangga tidak ada kekuatan hukum tetap, yang ada hanya kulon nuwun, kalau izin tetangga lebih tinggi dari aturan pemerintah, mau jadi apa negara ini, bila perlu kita bisa kepengadilan untuk mengklarifikasinya,” terangnya.

Apung juga menambahkan, “DLH telah mengkoordinasikan, uji materi dokumen dan laporan pihak ketiga, juga dinas terkait, diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Satpol PP. Kalau masyarakat menolak perumahan tersebut, sebaiknya lampirkan surat penolakan ke beberapa dinas terkait dan bupati,” jelasnya. (Rushendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here