Desa-Desa se-Kecamatan Kasomalang Berhasil Memanfaatkan Dana Desa Untuk Infrastruktur

oleh -16 views
Desa-Desa se-Kecamatan Kasomalang Berhasil Memanfaatkan Dana Desa Untuk Infrastruktur

SUBANG, (PERAKNEW).- Dalam upaya meningkatkan efektifitas pemanfaatan Dana Desa untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebagai percepatan pembangunan, Kecamatan Kasomalang dengan Luas area 39.44 km² meliputi  Desa Bojongloa, Desa Cimanglid, Desa Kasomalang Kulon,Desa Kasomalang Wetan, Desa Pasanggarahan, Desa Sindangsari, Desa Sukamelang dan Desa Tenjolaya. Desa- desa tersebut telah melaksanakan program perbaikan infrastuktur sesuai dengan anggaran yang ditetapkan, kecuali satu desa yang belum rampung melakukan kegiatan tersebut.

Audit investigasi Dana Desa oleh Irda Kabupaten Subang yang dilaksanakan mulai hari senin 8 April 2019 dimulai dari Desa Bojongloa dan DesaTenjolaya kemudian hari selasa Tanggal 9 April 2019 Desa Kasomalang Wetan dan Desa Sukamelang, dan seterusnya dilaksanakan dalam kurun waktu satu minggu.

Disetiap kegiatan Audit Investigasi oleh Irda pada pelaksanaan cek lapangan maupun pemeriksaan administrasi di masing masing kantor Desa tampak hadir ada anggota tim pelaksana kegiatan (TPK) , Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Aparatur Pemerintah Desa serta tokoh Masyarakat setempat.

Saat Perak mendatangi kantor Desa Tenjolaya (8/4/2019) salahsatu staf desa menjelaskan untuk penggunaaan Dana desa sesuai Perbup untuk Desa Tenjolaya sampai saat ini hanya digunakan untuk infrastuktur dan sudah rampung selesai pengerjaannya sampai ke pelosok desa.

Hingga saat ini, penggunaan Dana desa di desa-desa yang menjadi sampel kajian masih fokus pada program pembangunan desa (pembangunan infrastruktur), begitupun saat Perak datangi kantor Desa Kasomalang Kulon Kepala desa Nunung Nuraeni memberikan keterangan bahwa untuk Desa kasomalang Wetan penggunaan anggaran Dana desa Tahun lalu keseluruhan anggaran hanya digunakan untuk Infrastruktur.

Penerima Penghargaan

Begitupun saat Perak datangi kembali kantor Desa Tenjolaya (12/4/2019) Kepala Desa menerangkan bahwa untuk penerapan anggaran Dana desa tahun lalu fokus pada  Infrastuktur, dan pelaksanaan sudah rampung, Tatang sebagai kepala desa Tenjolaya merasa lega karena sudah menjalankan kegiatan sebagaimana mestinya dan seiring itu juga beliau mengungkapkan bahwa Desa – desa di Kecamatan Kasomalang semuanya selesai pengerjaannya dan bahkan kami mendapat Penghargaan dari Bupati pada Tanggal 19 Maret 2019 di Kantor Inspektorat Daerah, yaitu penghargaan sebagai desa terbaik yang menyelesaikan Program Pemerintah dalam sektor Insfrastuktur. (Pepen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *