oleh

Bupati Lamteng Panen Padi Demplot Komersial PT Gresik Cipta Sejahtera

LAMTENG-LAMPUNG, (PERAKNEW).– Bupati Lampung Tengah (Lamteng), Loekman Djoyosoemarto melakukan panen Padi Demplot Komersial PT Gresik Cipta Sejahtera, di Dusun Bedeng V Kelurahan Trimurjo Kecamatan Trimurjo, Kab. Lamteng, (19/02/2020).

Setiba di lokasi, bupati bersama dengan Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, Kepala OPD dan Camat Trimurjo melakukan panen padi pertama.

Dalam laporannya, direksi PT Gresik Cipta Sejahtera, Awang Djohan Bachtiar mengatakan, bahwa panen demplot kali ini, adalah demplot komersil.

Demplot atau Demontration Plot, adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Panen demplot komersil yang menggunakan pupuk non subsidi, diantaranya ponshka plus yang kandungannya lebih lengkap dibandingkan pupuk biasa, “Kita bisa membuktikan, bahwa dengan pupuk non subsidi pun bisa menghasilkan hasil yang luar biasa,” terang Awang.

Sementara, Dirut PT Petrokimia Gresik, Ramhad Pribadi mengatakan, hasil lebih besar bisa didapat dengan menggunakan pupuk non subsidi. Nantinya ditargetkan Lampung Tengah akan menyumbang 3 % dari kebutuhan pangan di Indonesia.

Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto dalam sambutannya mengatakan, bahwa pertanian adalah bidang yang diutamakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah. Oleh karena itu, Pemerintah Kab. Lamteng melalui Dinas Pertanian terus berupaya maksimal, agar sektor pertanian semakin maju dan berkembang.

Loekman menambahakn, dirinya telah mencanangkan, bahwa produksi padi harus ditingkatkan, mengingat lahan yang semakin sempit. Apabila tidak ada peningkatan kuantitas, maka akan berimbas kepada ketersediaan bahan pangan beras di Lamteng.

Oleh karena itu, Loekman menghimbau kepada PT Petrokimia Gresik untuk menyediakan pupuk non subsidi bagi petani Lamteng. Agar nantinya untuk penyaluran pupuk non subsidi bisa bekerjasama dengan forum kelompok wanita tani.

Loekman juga berharap, petani di Lamteng semakin giat bekerja dengan asas gotong royong, sehingga bisa meningkatkan kualitas pertanian di Lamteng, “Gotong royong sangat penting dalam peningkatan mutu hasil pertanian, karena kita tidak mungkin bisa tanpa saling bekerjasama bahu membahu,” pungkas Loekman. (Wanda)

Berita Lainnya