Antusias Masyarakat & Pelajar Kabupaten Bandung Barat Sambut Kedatangan Api PON XIX 2016

oleh


NGAMPRAH-KBB, (PERAKNEW).- Ribuan pelajar di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyambut rombongan Kirab Api PON XIX/ 2016 Jawa Barat yang melintasi ruas jalan utama di Kec. Cipatat, Kec. Padalarang, dan Kec. Ngamprah, Kamis (15/9).

Para pelajar dari tingkat SD, SMP, sampai SMA/ SMK sudah berjejer dipinggir jalan sejak pagi hari menunggu iring-iringan kirab yang datang dari Kab. Cianjur.
“Tidak ada kewajiban bagi seluruh pelajar untuk menyambut kirab api PON disaat kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung. Hanya pelajar yang kebetulan sedang pelajaran olahraga, ekstrakurikuler (eskul) dan lokasi sekolahnya dipinggir jalan yang dilalui rombongan kirab, mereka menyambutnya.

“Setelah iring-iringan kirab, ya belajar kembali seperti biasa,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bandung Barat, Agustina Piryanti di Ngamprah, kemarin.

Dalam rute yang dilalui rombongan kirab api PON mulai dari Desa Rajamandala (Kec. Cipatat) yang berbatasan langsung dengan Kab. Cianjur sampai Kec. Ngamprah, ada sebanyak 17 sekolah.

Menurut Agustina, kehadiran pelajar dalam menyambut kirab api PON itu sebagai bentuk partisipasi memeriahkan pelaksanaan PON XIX.
“Para pelajar begitu antusias menyambut peserta kirab. Mereka bangga karena telah menjadi bagian dari saksi sejarah PON. Lagi pula PON itu tidak setiap hari digelar, tapi empat tahun sekali. Itu pun tempat pelaksanaannya selalu berpindah-pindah,” katanya.

Seorang warga Padalarang, Iman (31) mengaku senang bisa menyaksikan api PON dari jarak dekat. Selama ini, hanya melihat dari tayangan televisi dan koran. “Saya menyambut baik kedatangan kirab tersebut dan mendukung seratus persen berlangsungnya pelaksanaan PON di Jawa Barat,” kata Iman.

Setelah menempuh perjalanan sejauh 64 kilometer dari Kab. Cianjur, rombongan api PON sampai di Kotabaru Parahyangan Padalarang, Kamis (15/9) pukul 10.00 WIB.

Rombongan melanjutkan perjalanan ke ibu kota Kab. Bandung Barat di Ngamprah. Tepat pukul 11.00 WIB, api PON diserahkan dari delegasi Kab. Cianjur kepada Bupati Bandung Barat, Abubakar.

Dari tangan Bupati, api PON kemudian diserahkan kepada Ketua KONI KBB, Elin Suharliah Abubakar, selanjutnya diserahkan kepada atlet legendaris KBB, Robby Darwis. Rombongan kirab bersama Robby Darwis yang dikawal pasukan berkuda, kemudian berangkat untuk menyerahkan api PON secara estafet ke Kota Cimahi.
“Salah satu makna diadakannya kirab api ini adalah simbol kehangatan dan semangat yang bermanfaat. Harapannya, semangat untuk Jabar Kahiji dapat terasa di 27 Kabupaten data di Jawa Barat,” kata Bupati Abubakar. Ferry/Edy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *