oleh

Tolak RUU HIP, LSM GMBI Gelar Unras di Gedung DPRD Subang

SUBANG, (PERAKNEW).- Aksi penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) masih terus disuarakan di berbagai daerah. Begitu pula, di Kabupaten Subang-Jabar, Massa dari LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menggelar aksi unjuk rasa menolak RUU HIP di depan Gedung DPRD Kabupaten Subang, Senin (06/07/2020).

Dalam aksi tersebut, massa membawa berbagai atribut dan spanduk. Salah satunya bertuliskan, LSM GMBI Distrik Kab. Subang menolak RUU HIP. Selain itu, ada pula yang berbunyi, “Kami Keluarga Besar LSM GMBI Menolak Meras RUU HIP Yang Melumpuhkan Pancasila”.

Ketua KSM GMBI Distrik Subang, Sugandi mengatakan, Pancasila adalah falsafah berbangsa dan bernegara sebagai ideologi berkepribadian yang berdaulat, bermartabat, adil serta menjunjung tinggi keanekaragaman sesuai Bhineka Tunggal Ika, beda tapi satu, “Karena itu, Pancasila tidak perlu di otak-atik lagi, tidak perlu di rubah lagi. Pancasila sudah final sebagai ideologi, sebagai Falsafah Bangsa Indonesia,” tegasnya.

Lanjut Sugandi, RUU HIP akan mengancam eksistensi dan mengubah Pancasila sebagai ideologi dan falsafah hidup bangsa serta dasar negara, “Kami menolak dan meminta agar proses legislasi RUU HIP dihentikan, karena tidak sesuai UUD 1945 dan bertentangan dengan Bhinneka Tunggal Ika,” tandasnya.

Massa aksi yang dikawal oleh pihak TNI, POLRI dan Satpol PP ini kemudian ditemui dan diterima langsung oleh Ketua DPRD Subang, Narca Sukanda, S.Sos., dari Fraksi PDIP. (Hamid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya